Penyebab Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Penyebab Klaim Ditolak – Sehat merupakan idaman dan hak setiap orang. Jika ditanya setiap manusia apakah ingin hidup sehat maka jawabannya iya. Manusia tidak ingin menderita sakit. Sebab ada banyak kerugian dari seseorang yang sedang sakit. Misalkan kinerja dan produktifitas kerja yang menurun, biaya penyembuhan yang mahal, badan terasa sakit dan lain sebagainya.

Namun untuk menjaga kesehatan saat ini mustahil dilakukan. Mengingat gempuran makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet dan berbahaya, lingkungan sanitasi kotor, penyebaran virus penyakit dll. Dengan demikian, tak jarang suatu hari manusia menderita sakit. Seperti sakit batuk, tenggorokan, jantung, panas demam, demam berdarah dan lain sebagainya.

Apabila anda merasakan sakit maka ada beberapa perubahan yang terjadi. Misalkan anda tidak bisa bekerja lagi di kantor. Sehingga mengajukan surat sakit. Selain itu, anda ingin selalu berada di rumah dan beristirahat di atas kasur. Serta selalu ingin makan makanan enak. Pendek kata, ada biaya besar ketika anda jatuh sakit selain mesti memeriksakan diri ke dokter dan membeli obat-obatan. Itu baru penyakit yang ringan. Bagi yang menderita penyakit yang kronis seperti jantung dan kanker maka harus mengeluarkan biaya lebih besar.

Bagi kalangan yang mengidap penyakit kronis atau kritis maka tak bisa berleha-leha. Ia harus segera memeriksakan diri ke dokter. Apabila sudah ditangani dengan baik maka ia harus minum obat secara tepat waktu. Pokoknya tindakan medis mesti dilakukan secara cepat dan tepat untuk mengatasi penyakit kronis tertentu.

Bagi kalangan yang keadaan ekonomi kurang beruntung pastinya merasakan kebingungan dengan biaya kesehatan dan biaya konsultasi ke dokter yang mahal. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membiayai pengobatan yang tinggi dengan memiliki asuransi kesehatan. Seperti asuransi kesehatan pemerintah maupun swasta.

Hak Hidup Sehat

Di dalam UUD 1945 dijelaskan bahwa setiap warga negara Indonesia berhak mendapatkan penghidupan yang layak. Dalam hal ini, berhak mendapatkan perlindungan kesehatan yang baik. Salah satunya dengan mengambil asuransi kesehatan.

Asuransi yang dimiliki pastinya akan memberikan sejumlah manfaat setelah terlebih dahulu melakukan klaim. Di tengah pro dan kontra asuransi di Indonesia tak menyurutkan orang untuk mengambil asuransi. Anda dapat mengambil asuransi kesehatan sebab itu hak setiap orang.

Asuransi akan mengganti semua biaya kesehatan atau memberikan jaminan perlindungan terhadap biaya kesehatan. Klaim asuransi adalah hak setiap peserta atau nasabah asuransi kesehatan untuk mendapatkan benefit atau manfaat. Namun tak jarang berdasarkan pengalaman ada beberapa klaim yang ditolak oleh perusahaan asuransi. Lalu mengapa klaim asuransi ditolak?

Penyebab Klaim Asuransi Kesehatan Ditolak

Salah satu hal yang paling mengecewakan bagi para pemilik asuransi kesehatan adalah apabila klaim yang dilakukan ditolak secara mentah. Hal tersebut bukan tanpa alasan. Pastinya ada penyebab yang membuat pengajuan klaim kesehatan anda ditolak.

Jika klaim asuransi kesehatan ditolak maka hal tersebut akan membuat nasabah kecewa. Tak jarang mereka membagikan pengalaman mereka di berbagai media sosial dan portal berita online. Anda dapat mengantisipasi penolakan klaim sejak dini dengan mempelajari penyebab penolakannya.

Untuk lebih lengkap dan jelas, inilah sejumlah penyebab klaim asuransi kesehatan ditolak, antara lain:

1.Tak memberitahukan fakta material yang sebenarnya

Dalam membuat asuransi kesehatan akan dicatat segala infornasi tentang anda secara lengkap, benar dan akurat. Misalkan riwayat penyakit yang anda miliki. Semua informasi tentang anda termasuk kesehatan anda harus diutarakan secara jujur, benar atau tak ada yang ditutupi atau bohong. Hal ini merupakan cikal bakal dari awal akad asuransi kesehatan.

Apabila sobat berbohong atau menyimpan informasi penting tentang kondisi kesehatan yang sebenarnya. Misalkan tidak mengutarakan beberapa penyakit kritis yang pernah anda idap maka secara tak langsung anda dianggap telah berbuat curang. Sehingga tak aneh apabila perusahaan asuransi menolak klaim kesehatan yang anda lakukan. Bahkan mencabut polis asuransi itu.

2. Menyalahi prosedur klaim

Berikut standar operasional prosedur untuk melakukan klaim asuransi kesehatan yang berlaku di perorangan, keluarga dan setiap perusahaan, antara lain:

  • Memberitahukan tindakan medis yang mesti anda lakukan kepada perusahaan asuransi. Seperti operasi, rawat inap, rawat jalan, dan lain-lain.
  • Pihak lembaga asuransi swasta atau pemerintah langsung menunjuk klinik atau rumah sakit yang menyediakan layanan kesehatan untuk berobat nasabahnya.
  • Pihak perusahaan akan memerintahkan kepada anda untuk mengisi formulir pengajuan klaim secara lengkap dan data yang valid
  • Dalam pengajuan klaim sertakan pula dokumen yang dibutuhkan sebagai pendukung klaim. Misalkan surat rujukan dokter, tagihan biaya rumah sakit dan lain-lain.

Itulah prosedur standar yang mesti dilakukan dalam melakukan klaim. Anda wajib mematuhi prosedur tersebut supaya klaim kesehatan  anda tidak ditolak dan langsung mendapatkan persetujuan dari pihak perusahaan asuransi.

3.Memenuhi pengecualian

Dalam polis asuransi kesehatan terdapat pengecualian yang bersifat permanen dan sementara yang membuat klaim asuransi tertolak. Untuk contoh pengecualian permanen adalah kondisi seseorang yang terlibat dalam tindakan kejahatan atau kriminal, terpapar radiasi nuklir, terlibat peperangan dan lain sebagainya. Dalam kondisi seperti ini, pengajuan klaim akan langsung ditolak.

Untuk pengecualian bersifat sementara adalah berhubungan dengan masa tunggu. Yaitu masa tunggu terhadap beberapa penyakit kronis maupun masa tunggu untuk tindakan medis yang akan dilakukan. Pengajuan klaim yang dilaksanakan pada masa tunggu pastinya akan ditolak.

4.Kedaluarsa

Sebab lain yang bisa membuat pengajuan klaim asuransi ditolak adalah masa kedaluarsa dari polis asuransi kesehatan tersebut. Dengan kata lain, kartu asuransi non aktif disebabkan tidak atau belum melakukan pembayaran premi pada bulan itu atau bulan sebelumnya. Untuk mengaktifkan kartu asuransi itu maka anda mesti membayar semua premi bulanan yang tertunggak sampai lunas.

Demikianlah penyebab klaim asuransi kesehatan anda ditolak. Yang bisa diakibatkan oleh pelaporan material yang tak valid, menyalahi prosedur dan memenuhi pengecualian permanen dan sementara serta lain sebagainya.

Cara Menghindari Penolakan Klaim

Untuk menghindari terjadinya penolakan pengajuan klaim asuransi anda maka ada beberapa upaya yang dapat dilakukan, antara lain:

1.Sampaikanlah laporan fakta material secara apa adanya atau jujur

Laporan fakta material mengenai riwayat penyakit, kondisi kesehatan dan detail lainnya tentang kondisi anda harus  dilakukan secara benar dan detail. Sehingga perusahaan asuransi dapat mengetahui informasi yang akurat tentang kesehatan anda dan tak merasa dibohongi.

2.Mengikuti prosedur klaim yang ditentukan

Setiap perusahaan asuransi kesehatan mempunyai peraturan atau ketentuan tersendiri bagi mereka yang hendak melakukan klaim. Pastikan anda mengikuti prosedur klaim yang baik dan benar untuk menghindarkan diri dari penolakan klaim kesehatan.

3.Membayar premi secara tepat waktu

Acapkali para peserta terheran-heran dengan pengajuan klaim kesehatannya yang ditolak. Padahal penolakannya akibat ulahnya sendiri yakni tidak membayar premi secara tepat waktu. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk mengetahui penyebab klaim ditolak periksalah mungkin ada premi bulanan yang belum terbayar. Untuk mendapatkan manfaat asuransi kesehatan maka anda harus membayar semua cicilan bulanan yang tertunggak.