Asuransi Kesehatan Cashless

Mengenal Asuransi Kesehatan : Pengertian, Macam Dan Manfaatnya

Setiap orang pastinya menginginkan untuk memiliki badan yang sehat dan selamanya. Namun manusia hanya berusaha. Yang menentukan adalah Allah SWT. Karena berbagai faktor seperti lingkungan kotor, cuaca yang tak mendukung,  virus, penyakit menular, makanan dan minuman yang tak sehat dan lain sebagainya seorang manusia bisa menderita sakit. Di sinilah pentingnya Asuransi Kesehatan untuk membiayai seluruh pengobatan yang ada.

Mendengar istilah asuransi kesehatan  mungkin menjadi hal yang tak asing bagi masyarakat secara luas. Dengan mempunyai asuransi kesehatan maka seseorang dapat berobat dengan biaya yang ditanggung oleh perusahaan asuransi. Pendek kata, peranan asuransi kesehatan sangat penting bagi setiap orang yang dapat dipakai untuk  keperluan menanggung biaya pengobatan dan biaya rumah sakit.

Berdasarkan survey dari sebuah lembaga riset terpercaya ada dua jenis biaya yang mengalami kenaikan sangat pesat setiap tahun yaitu biaya pendidikan dan biaya kesehatan. Bisa dibayangkan kenaikan biaya pengobatan dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Dan terkadang kenaikannya melebihi kenaikan gaji bulanan. Atas fakta inilah diperlukan sebuah asuransi kesehatan untuk memproteksi biaya kesehatan yang mahal.

Kenaikan biaya rumah sakit dan kesehatan yang sangat pesat setiap tahun ini membuat sebagian besar masyarakat di tanah air kesukaran untuk membayar biaya pengobatan yang semakin mahal. Tabungan mereka tak mampu membayar biaya rumah sakit. Hal tersebut menimbulkan stigma di masyarakat bahwa “orang miskin dilarang sakit.” Apalagi diperkuat dengan beberapa pemberitaan di media massa yang memuat berita sejumlah orang miskin tidak mendapatkan pengobatan yang layak dari rumah sakit.

Solusi Biaya Rumah Sakit Yang Mahal

Siapa sih yang ingin sakit? Setiap orang pastinya ingin hidup dalam kondisi yang sehat. Ada banyak kerugian dari kondisi badan yang sakit. Seperti tidak bisa melakukan aktifitas sehari-hari secara baik. Selain itu, dengan badan yang sakit maka biaya pengobatan ke rumah sakit cukup mahal.

Semua kalangan manusia dimulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa dan  lansia tidak bisa lepas dari sakit. Suatu saat manusia bisa menderita sakit. Apalagi bagi orang yang sudah menginjak usia lanjut, sangat rentan untuk mengidap penyakit. Sedangkan biaya pengobatan semakin mahal dari tahun ke tahun. Oleh karena itu, seseorang perlu mengikuti asuransi kesehatan supaya ia dapat mengcover biaya pengobatan yang mahal dengan asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta maupun pemerintah.

Pengertian Asuransi Kesehatan

Pengertian asuransi kesehatan dapat dilihat secara umum dan khusus. Adapun pengertian asuransi kesehatan secara umum adalah perjanjian yang sangat kokoh antara kedua belah pihak yaitu perusahaan asuransi dengan pemegang polis asuransi kesehatan. Perjanjian tersebut tertulis secara jelas di atas kertas yang mempunyai ketetapan hukum yang kuat dan bermaterai.

Di dalam kertas perjanjian itu tercantum pula kewajiban dan hak pemegang polis asuransi kesehatan. Dan kewajiban dan hak perusahaan asuransi. Kewajiban pemegang polis asuransi kesehatan salah satunya membayar premi yang nominalnya telah ditentukan secara tepat waktu per bulan. Misalkan asuransi BPJS kesehatan mewajibkan para pesertanya membayar premi perbulan sebesar Rp 59.500 untuk kelas 1, kelas 2 Rp 42500 dan kelas 3 Rp 25500.

Adapun kewajiban perusahaan asuransi kesehatan adalah menanggung semua biaya kesehatan dan pengobatan di rumah sakit apabila pihak tertanggung mengalami sakit.

Arti Asuransi Kesehatan Menurut Para Ahli

Untuk lebih jelas, pengertian asuransi kesehatan secara tuntas dikupas oleh para pakar. Seperti yang diungkapkan Profesor Prodjodikoro yang memberikan definisi asuransi kesehatan merupakan perjanjian yang kokoh diadakan oleh dua belah pihak secara menguntungkan yakni perusahaan asuransi dan tertanggung dalam soal penanggungan biaya kesehatan disertai adanya kewajiban membayar premi bulanan.

Apabila di suatu saat nanti, pemegang polis asuransi mendapatkan resiko kerugian maka perusahaan asuransi akan membayar semua biaya pengobatan dan biaya rumah sakit sesuai kesepakatan sebelumnya.

Macam Macam Asuransi Kesehatan

Berikut ini macam macam asuransi kesehatan yang perlu anda ketahui, antara lain :

1.Asuransi Kesehatan Sosial

Asuransi kesehatan sosial adalah suatu asuransi kesehatan yang berjalan atas dasar sosial. Dalam arti, pengumpulan dana kesehatan diselenggarakan secara bersama-sama atau gotong royong yang sifatnya wajib dalam bentuk premi bulanan. Contohnya BPJS kesehatan.

2.Asuransi Kesehatan Swasta

Sebuah polis asuransi yang diselenggarakan oleh perusahaan swasta. Apabila dibandingkan dengan asuransi kesehatan sosial maka asuransi ini memberikan layanan kesehatan dan pengobatan yang lebih baik.

3.Asuransi Kesehatan Komersial

Arti asuransi kesehatan komersial merupakan suatu perjanjian kuat antara tertanggung dan penanggung dengan ketentuan yang tertulis dan jelas serta wajib dipenuhi. Jenis asuransi ini bersifat sukarela. Seseorang mengikuti macam asuransi ini berdasarkan inisiatif sendiri dalam membiayai pengobatan di masa depan yang sangat besar.

Sama seperti asuransi kesehatan swasta, sosial maka asuransi kesehatan komersial mempunyai tujuan supaya dapat memproteksi diri sendiri dan anggota keluarga dari semua resiko kesehatan yang bisa terjadi sewaktu-waktu yang membutuhkan biaya besar.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan merupakan salah satu produk asuransi yang banyak diikuti orang. Sebab sehat adalah kebutuhan utama manusia. Walaupun kekayaan melimpah tanpa disertai badan yang sehat maka harta yang melimpah tak dapat dinikmati. Oleh sebab itu, sangat wajar banyak orang rela menghabiskan uang begitu besar untuk menjamin kesehatan badannya.

Asuransi kesehatan mempunyai segudang manfaat. Berikut ini manfaat asuransi kesehatan yang perlu sobat ketahui, antara lain:

1.Pelayanan kesehatan

Dengan mempunyai asuransi kesehatan maka seseorang bisa menikmati pelayanan kesehatan dan pengobatannya secara gratis. Dari mulai rawat inap, rawat jalan, biaya melahirkan dan lain sebagainya.

2.Uang diganti

Manfaat pokok asuransi kesehatan yaitu adanya jaminan penggantian uang karena sang pemegang polis telah menyetorkan sejumlah premi bulanan kepada perusahaan asuransi kesehatan. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas kesehatan. Sehingga manfaat dapat dirasakan lebih besar ketimbang premi bulanan yang telah dibayarkan.

3.Pemberian santunan

Pemegang polis asuransi kesehatan umumnya diberikan bonus tambahan berupa asuransi jiwa oleh pihak perusahaan asuransi. Sehingga jaminan kesehatan terjaga dengan baik. Begitupula jika kepala keluarga sebagai pencari nafkah yang pokok mengalami cacat permanen atau mengalami kematian maka pihak ahli waris akan mendapatkan dana santunan dari pihak perusahaan asuransi.

4.Mengatasi dana pengobatan yang mahal

Asuransi kesehatan akan memberikan perlindungan kepada nasabahnya terhadap biaya kesehatan dan pengobatan yang kian mahal ke depannya.  Sehingga beban biaya kesehatan yang besar dapat ditanggung oleh pihak perusahaan. Dengan perjanjian kita telah membayar premi bulanan.

Berdasarkan survey di lapangan, biaya pengobatan senantiasa mengalami kenaikan setiap tahun sebesar dua kali lipat. Inilah yang membuat biaya kesehatan dan pengobatan termasuk salah satu pengeluaran terbesar bagi seseorang dan keluarga disamping biaya pendidikan. Sehingga diperlukan instrumen asuransi kesehatan untuk mengantisipasi pengeluaran besar tersebut.

5.Perawatan kesehatan

Dengan mempunyai asuransi kesehatan maka kita akan mendapatkan ketenangan dalam segi keuangan jika kita membutuhkan pemeliharaan kesehatan intensif di rumah sakit dan menderita sakit keras. Kita akan memperoleh berbagai fasilitas perawatan kesehatan baik itu rawat jalan maupun rawat inap. Semua biaya perawatan dan pengobatan ditanggung langsung oleh perusahaan asuransi sesuai perjanjian.

Itulah beberapa manfaat asuransi kesehatan yang merupakan bagian untuk Mengenal Asuransi Kesehatan, pengertian, macam dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *