Mengapa Setiap Orang Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan

Asuransi Kesehatan merupakan salah satu produk keuangan yang tak asing lagi di dunia khususnya Indonesia. Unsur-unsur yang terkandung dalam asuransi adalah pihak tertanggung, penanggung, resiko, besaran premi dan cara klaim. Bagi seseorang yang hendak mengambil asuransi pastikan asuransi yang diambil tepat sesuai kebutuhan. Selain itu, anda hendaknya memahami cara kerja dan alur asuransi.

Asuransi yang terdapat di dunia ini berbagai macam. Seperti asuransi pendidikan, asuransi rumah, asuransi kebakaran, asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi kehilangan, asuransi kesehatan dan lain sebagainya. Diantara asuransi itu yang paling banyak diminati adalah asuransi kesehatan. Lalu seberapa penting asuransi kesehatan bagi anda?

Mengapa Asuransi Kesehatan Diperlukan?

Salah satu pertanyaan yang cukup menggelitik adalah kenapa asuransi kesehatan dibutuhkan. Pertanyaan ini terlontar dari mereka yang kurang mengetahui manfaat atau benefit dari asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan diperlukan karena biaya kesehatan di masa datang akan semakin mahal. Kenaikannya berkali lipat melebihi kenaikan gaji karyawan atau PNS.

Besaran kenaikan biaya kesehatan hampir setara dengan kenaikan biaya pendidikan. Atas hal itulah, seseorang harus mempersiapkan diri dalam menghadapi biaya pengobatan dan kesehatan yang semakin mahal di rumah sakit. Salah satu caranya dengan mengambil asuransi kesehatan.

Contohnya adalah isteri tercinta yang dideteksi mengalami tumor. Kemudian dokter merekomendasikan harus dioperasi pada bagian tubuh tertentu yang biayanya puluhan juta rupiah. Uang sebanyak itu tak dimiliki penulis. Oleh karena itu, penulis terpaksa menjual cincin dan kalung emas untuk membiayai pengobatan dan biaya bedah tersebut.

Hal ini berbanding terbalik jika anda mempunyai perlindungan asuransi. Anda bisa melakukan klaim kesehatan. Maka semua biaya pengobatan dan operasi dibayarkan langsung oleh pihak perusahaan asuransi sebagai penjamin atau penangggung resiko.

Pendek kata, sehat itu mahal. Apabila anda menderita penyakit kronis tertentu maka ada biaya pengobatan kesehatan yang harus anda bayarkan dengan sangat tinggi. Tidak semua orang mempunyai uang yang banyakkan? Inilah fungsi dan peran asuransi kesehatan premi murah untuk membiayai semua biaya pengobatan dan kesehatan yang termasuk biaya rawat inap, rawat jalan, biaya operasi dan lain-lain.

Kenapa Pilih Asuransi Terbaik 2019

Di tanah air, kebutuhan asuransi masih banyak yang meremehkannya. Mereka menganggap itu sebuah pemborosan keuangan dengan membayar iuran premi secara bulanan dan terus menerus. Mereka beranggapan asuransi kesehatan untuk keluarga tak terlalu penting. Sedangkan sebagian lagi masyarakat Indonesia menganggap asuransi sangat penting. Bukan hanya untuk dirinya tapi juga keluarganya.

Pro dan kontra terhadap penting dan tidaknya asuransi membuat di masyarakat tanah air ada dua kalangan. Yaitu mereka yang mempunyai polis asuransi dan kalangan yang tak memiliki asuransi. Lalu anda berada di golongan mana? Apakah anda sudah mempunyai asuransi kesehatan atau belum?

Bagi anda yang belum mempunyai perlindungan keluarga maka anda perlu mempelajari lebih lanjut manfaat asuransi yang demikian besar. Sedangkan bagi anda yang sudah memiliki proteksi kesehatan maka selamat. Karena anda berada lebih maju dibandingkan golongan pertama. Namun demikian, anda perlu menelaah kembali manfaat apa saja yang anda dapatkan dengan memiliki sebuah polis asuransi?

 

Asuransi Kesehatan

Berikut ini alasan yang paling utama dan umum dipergunakan orang untuk mengambil polis asuransi  dengan cepat, antara lain :

1.Tidak mau bangkrut

Seseorang mesti mengambil asuransi kesehatan supaya ia tidak bangkrut di masa depan. Siapa yang mau bangkrut di masa datang karena suatu penyakit? Pastinya anda tidak mau terjadi semua itu. Salah satu pencegahan dan upaya yang dilakukan adalah mengambil asuransi yang mumpuni dan sesuai kebutuhan.

2.Biaya kesehatan terus naik tajam

Seiring dengan kemajuan dunia kedokteran dan medis membuat berbagai peralatan dan perlengkapan canggih dalam dunia kedokteran terus berkembang pesat. Namun alat medis yang canggih itu berdampak pada biaya pengobatan yang mahal. Hal itulah yang membuat tak aneh jika biaya kesehatan semakin mahal dari tahun ke tahun dikisaran 13 persen pertahun.

Untuk itulah diperlukan sebuah proteksi dari biaya kesehatan yang semakin mahal itu yakni asuransi. Dengan mempunyai asuransi ini maka keuangan anda akan terhindar dari kebangkrutan akibat biaya kesehatan yang sangat mahal.

3.Sakit sesuatu hal yang tak bisa diduga

Siapa sih yang bisa menjamin ia hidup dalam kondisi sehat selamanya? Tidak ada. Seorang manusia sudah ditakdirkan untuk hidup sehat dan terkadang sakit. Adapun fungsi sakit bagi manusia menurut agama Islam adalah untuk melunturkan dosa-dosa manusia dan sebagai ujian di sisi Allah SWT untuk membuktikan bahwa ia orang sabar atau tidak.

Dengan mempunyai asuransi, apabila sesuatu hal yang tak diduga seperti sakit atau kecelakaan menimpa anda maka anda tidak kebingungan lagi dalam biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit yang mahal.

Pendek kata, ada banyak alasan bagi seseorang untuk memilih asuransi kesehatan ketimbang asuransi pendidikan, asuransi mobil, kebakaran, kehilangan dan asuransi lainnya. Salah satunya pernyataan pemerintahan saat ini yang menyatakan setiap warga negara Indonesia wajib mempunyai asuransi kesehatan. Sehingga terciptalah asuransi BPJS kesehatan.

Setiap Warga Negara Wajib Mempunyai Asuransi Terbaik

Negara Indonesia didirikan mempunyai tujuan sendiri. Yang terangkum dalam Pembukaan UUD 1945 bahwasanya bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mensejahterakan masyarakat secara lahir dan batin. Untuk menerapkan hal itulah dibuat sistem jaminan kesehatan nasional yang saat ini kita kenal sebagai asuransi BPJS Kesehatan.

Tak tanggung-tanggung, pemerintah Indonesia menargetkan seluruh penduduk Indonesia sudah mempunyai asuransi BPJS kesehatan pada tahun 2019. Karena ini bermanfaat untuk warga negara Indonesia sendiri dalam mengcover biaya kesehatan dan pengobatan yang makin mahal.

Namun demikian, masih banyak orang yang tak mempunyai asuransi. Alasan orang tidak mau ikut asuransi berbagai macam. Ada yang karena faktor keuangan yang minim. Sehingga tidak mampu membayar premi bulanan. Untuk masyarakat yang tergolong tak mampu ini maka pemerintah sendiri yang akan membayar premi bagi kalangan miskin tersebut.

Mengapa Orang Harus Berasuransi Kesehatan

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan RI bahwasanya 95 juta WNI sudah memiliki asuransi  dari total 230 juta jiwa. Sedangkan sisanya sebanyak 135 juta jiwa masih belum mempunyai jaminan kesehatan. Oleh karena itulah, pemerintah Indonesia terus mengadakan sosialisasi mengenai pentingnya asuransi dan memberikan bantuan berupa pemberian premi bagi masyarakat miskin.

Selain itu, target pemerintah untuk setiap warga negara Indonesia mempunyai asuransi seluruhnya ditempuh dengan mempersiapkan undang-undang yang mendukung ke arah tersebut. Misalkan untuk membuat SIM atau kartu Pasport kelak diharuskan melampirkan kartu keanggotaan asuransi BPJS Kesehatan.

Itulah penjelasan singkat mengapa orang harus berasuransi. Mudah-mudahan apa yang penulis tulis dan sampaikan ini berguna bagi para pembaca sekalian khususnya penulis di dunia dan akhirat. Tetaplah standby di blog tercinta ini untuk menyimak artikel yang menarik lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X