Keuntungan Dan Kerugian Memiliki Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern di tanah air. Mereka sadar pentingnya asuransi untuk membiayai biaya rawat dan pengobatan di rumah sakit jika suatu saat mereka sakit. Mereka paham biaya rumah sakit dan pengobatan akan semakin mahal dari tahun ke tahun dan terkadang tidak terkejar dengan penghasilan sehari-hari.

Dengan mempunyai asuransi maka segala biaya pengobatan, rawat inap, rawat jalan, biaya bedah dan biaya kesehatan lain sebagainya dapat dikover oleh asuransi itu. Sehingga tidak menguras keuangan yang mereka miliki.

Ada yang mengatakan mengikuti asuransi adalah suatu kerugian bagi mereka yang sehat dan tak berkaitan dengan rumah sakit. Dikarenakan secara rutin bulanan harus membayar premi yang lumayan besar. Daripada dipakai untuk biaya premi asuransi lebih baik uang itu untuk biaya makan sehari-hari.

Berdasarkan kenyataan bahwa manusia tak selamanya hidup dalam kondisi sehat selalu. Suatu saat pasti ia mengalami sakit. Apalagi di waktu tua sangat rentan terkena penyakit. Disebabkan metabolisme dan daya tahan tubuh yang menurun. Disinilah pentingnya asuransi untuk menanggulangi biaya pengobatan dan rumah sakit yang kian mahal dari tahun ke tahun.

Dengan seenaknya sebuah klinik atau rumah sakit membebankan biaya pengobatan yang sangat mahal kepada pasien. Dan pasien harus membayarnya sebagai suatu bentuk kewajiban. Kalaulah berasal dari keluarga kaya maka tak mengapa. Namun jika ia miskin maka biaya pengobatan mahal tersebut tidak dapat dibayar. Yang pada akhirnya kualitas layanan fasilitas kesehatan yang diberikan rumah sakit pada pasien jadi menurun.

Mahalnya biaya rumah sakit dan pengobatan saat ini dan masa mendatang membuat sebagian besar orang berpikir untuk menjadi peserta asuransi . Minimal asuransi BPJS. Dan mereka sudah mengalokasikan anggaran keuangan khusus untuk premi asuransi kesehatan bulanan. Disamping alokasi keuangan untuk biaya kebutuhan sehari-hari, biaya pendidikan anak, biaya tak terduga, biaya investasi dan lain sebagainya.

Biaya asuransi  merupakan salah satu pengeluaran rutin yang dilakukan orang di jaman modern saat ini. Karena mereka mengetahui pentingnya sehat dan untuk sehat membutuhkan biaya yang sangat besar. Sehingga polis asuransi  hampir dimiliki semua orang saat ini di Indonesia. Baik berupa asuransi  yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga swasta komersial.

Di Indonesia sendiri ada dua kategori orang. Pertama, mereka yang mengetahui manfaat asuransi  dan mereka mampu membayar premi bulanan. Lalu mengikuti asuransi tersebut. Kedua, ada orang yang tak mempunyai keuangan yang cukup untuk membayar iuran premi polis asuransi  bulanan. Sehingga mereka tak mengikuti asuransi.

Keuntungan Dan Kerugian Memiliki Asuransi Kesehatan

Bagi anda yang mempunyai uang berlebih ataupun pas pasan untuk memiliki asuransi perlu mengetahui untung rugi mengikuti asuransi. Berikut ini beberapa keuntungan dan kerugian asuransi kesehatan, antara lain:

1.Asuransi kesehatan mempunyai harga yang lebih murah daripada asuransi jiwa

2.Asuransi kesehatan mempunyai fasilitas layanan yang bersifat spesifik dan tambahan

3.Fasilitas layanan kesehatan yang sangat lengkap meliputi perawatan gigi, pengobatan penyakit kronis, rawat jalan, rawat inap dan lain sebagainya.

4.Asuransi kesehatan berguna sebagai investasi

Keuntungan lain asuransi kesehatan dapat dijadikan sarana investasi. Karena ada banyak jenis perlindungan asuransi yang biaya premi bulanan yang tanpa klaim dapat diambil oleh nasabah asuransi menjadi uang tunai. Misalkan Asuransi Kesehatan Syariah Prudential.

5.Proteksi keuangan

Dengan memiliki asuransi kesehatan, anda memiliki perlindungan keuangan. Jika anda tidak mempunyai uang atau kekurangan uang dan membutuhkan perawatan kesehatan maka anda tetap dapat menikmati pelayanan kesehatan secara maksimal. Seperti rawat inap, biaya obat-obatan, rawat jalan dan lain-lain.

Asuransi kesehatan juga bisa mencegah keuangan anda menjadi minus atau defisit. Karena biaya perawatan dan pengobatan yang sangat mahal ditanggung oleh pihak perusahaan. Sehingga memberikan kenyamanan dan keamanan pada keuangan anda.

Kerugian Memiliki Asuransi Kesehatan

Disamping kelebihan atau keuntungan mempunyai asuransi  terdapat sejumlah kekurangannya. Berikut ini kerugian ikut serta dalam polis asuransi kesehatan, antara lain:

1.Biaya yang cukup besar

Untuk memiliki asuransi kesehatan memerlukan anggaran keuangan yang cukup besar. Sehingga tak semua orang bisa mengikuti asuransi kesehatan. Premi bulanan yang mesti dibayarkan paling rendah puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah. Itu baru satu orang. Kalau anda mempunyai anak dan istri tentu biaya premi bulanan lebih besar lagi.

2.Tak lengkap

Tidak semua asuransi dilengkapi dengan fitur investasi. Sehingga merugikan konsumen. Ketika polis asuransi tidak digunakan dalam tempo lama maka anda tak mendapatkan uang tunai sebagai manfaatnya.

Dari keuntungan dan kerugian asuransi tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan anda dalam mengikuti asuransi atau tidak. Pastinya anda akan merasakan banyak manfaat dan keuntungan mengikuti asuransi ketimbang kekurangannya.

Kelebihan Perusahaan Yang Menyediakan Asuransi Kesehatan

Saat ini orang-orang sudah pada jernih akal dan pikiran. Mereka lebih memilih bekerja di sebuah perusahaan yang menyediakan fasilitas asuransi  bagi para pekerja dan keluarganya. Sehingga lebih terjamin kesehatan dan biayanya.

Bagi para calon karyawan mereka lebih memilih bekerja di perusahaan bonafide. Yang salah satu cirinya adalah yang memberikan layanan fasilitas asuransi  disamping gaji yang besar.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa kelebihan perusahaan yang menyediakan asuransi kesehatan bagi para karyawannya, antara lain:

1.Loyal

Keuntungan asuransi kesehatan bukan hanya akan dapat dirasakan oleh anda sendiri sebagai kalangan perorangan nasabahnya tapi juga kalangan perusahaan. Para karyawan akan menjadi lebih loyal dan sejahtera dengan diberikan fasilitas asuransi kesehatan.

2.Mematuhi peraturan pemerintah

Selain itu, pihak perusahaan telah memenuhi kewajibannya sesuai peraturan pemerintah yang mewajibkan setiap pegawai di perusahaan harus diberikan polis asuransi kesehatan. Adapun perusahaan yang tidak memberikan fasilitas asuransi kesehatan pada setiap karyawannya bisa dikenakan sanksi oleh pemerintah. Dari mulai sanksi ringan, teguran, sedang sampai berat.

3.Investasi

Perusahaan yang memberikan fasilitas asuransi  pada karyawannya berarti telah melakukan investasi. Karena biaya premi yang dibayarkan dan tidak dipakai oleh karyawan dapat dicairkan menjadi manfaat uang tunai. Hal ini berlaku bagi asuransi  plus investasi.

4.Keringanan keuangan

Dengan diberikan fasilitas asuransi kesehatan kepada karyawan berarti perusahaan membantu karyawan untuk meringankan diri dari segi keuangan dalam biaya perawatan dan pengobatan jika suatu saat karyawan sakit. Apalagi karyawan bekerja di sektor pekerjaan yang memiliki tingkat resiko kecelakaan kerja sangat tinggi. Karyawan itu membutuhkan asuransi  sekaligus kecelakaan kerja.

Untuk pembayaran premi asuransi kesehatan dilakukan oleh perusahaan dengan cara memotong sebagian kecil gaji karyawan. Pemotongan gaji untuk membayar premi asuransi tenaga kerja sekaligus asuransi kesehatan tidak akan terasa karena sangatlah kecil nominalnya. Namun manfaatnya jauh lebih besar ketimbang nominal uang yang telah dikeluarkan oleh para karyawannya. Mereka akan mendapatkan perlindungan maksimal terhadap perawatan gigi, biaya rumah sakit, biaya berobat, biaya operasi, dll.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *