Jenis Jenis Asuransi Kesehatan

Jenis - Jenis Asuransi Kesehatan

Berbicara mengenai asuransi kesehatan di Indonesia umumnya dunia pasti banyak macam dan contohnya. Bagi anda yang belum mempunyai asuransi kesehatan dan sudah mengetahui pentingnya arti asuransi kesehatan bagi anak, keluarga dan diri anda akan menelusuri jenis jenis asuransi kesehatan yang tepat. Perlu diketahui sebelumnya bahwa jenis dan macam asuransi kesehatan di tanah air sangat banyak dari beberapa perusahaan asuransi asing maupun dalam negeri ternama. Seperti Prudential, BPJS Kesehatan dll. Anda dapat mempelajarinya satu persatu sehingga mengetahui mana yang cocok bagi anda.

Mengetahui jenis jenis asuransi kesehatan sangat penting dan diperlukan bagi mereka yang hendak mengikuti program asuransi kesehatan. Sehingga dapat memilih jenis asuransi kesehatan yang terbaik bagi mereka. Mengingat sudah banyak macam asuransi kesehatan yang dikeluarkan oleh perusahaan asuransi swasta maupun pemerintah. Untuk asuransi kesehatan pemerintah maka kita mengenalnya dengan BPJS Kesehatan.

Perusahaan swasta yang mengeluarkan produk asuransi kesehatan banyak sekali yang tersebar di berbagai wilayah di tanah air. Mereka bersaing secara sehat dengan perusahaan asuransi kesehatan yang lain dalam mendapatkan nasabah. Oleh karena itu, mereka mengeluarkan produk asuransi kesehatan yang mempunyai kelebihan dan keunggulan dari pesaingnya.

Kegunaan Asuransi Kesehatan

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan adalah mengapa banyak orang yang mengikuti produk asuransi kesehatan? Jawabannya karena polis asuransi kesehatan memiliki banyak manfaat yang dapat  dirasakan secara langsung oleh nasabahnya. Berikut ini kegunaan asuransi kesehatan bagi para nasabahnya, antara lain:

1.Penggantian biaya kunjungan dan konsultasi ke dokter umum dan spesialis selama rawat inap sebesar Rp 210 ribu perhari

2.Biaya rawat inap gratis meliputi biaya kamar dan makanan pasien sebesar Rp 200 ribu perhari

3.Mengganti biaya perawatan intensif di ruang ICU sebesar Rp 500 ribu perhari

4.Menganti biaya pembedahan, biaya dokter bedah sebesar Rp 25 juta

5.Mengganti biaya lain-lain rawat inap

Jenis Jenis Asuransi Kesehatan

Sementara itu, jenis jenis asuransi kesehatan di Indonesia sangat banyak dan dapat diklasifikasikanberdasarkan beberapa hal, antara lain:

1.Pengelola dana

Dalam hal ini ada asuransi kesehatan yang berasal dari dana perusahaan swasta dan ada yang berasal dari pemerintah. Kelemahan asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah adalah kualitas layanan yang terkadang kurang bagus. Berbanding terbalik dengan asuransi kesehatan dari perusahaan swasta, pelayanan kesehatan sangat bagus.

2.Anggota

Dilihat dari keanggotaan, ada asuransi kesehatan wajib dan sukarela. Sebuah asuransi kesehatan wajib adalah yang keanggotaannya sudah diwajibkan oleh perusahaan bersangkutan untuk diikuti oleh semua karyawannya. Sedangkan pembayaran premi polis asuransi menjadi tanggungjawab pihak perusahaan tersebut. Biasanya pemberlakuan asuransi kesehatan wajib dilakukan oleh perusahaan besar. Dengan sistem potong gaji bulanan dari setiap karyawan.

Adapun asuransi kesehatan sukarela adalah tidak ada kewajiban bagi setiap orang untuk mengikuti polis asuransi kesehatan itu. Mereka boleh mengikuti asuransi itu maupun tidak. Namun mereka berinisiatif untuk mengikuti polis asuransi kesehatan tersebut berdasarkan kebutuhan. Inilah yang disebut polis asuransi sukarela.

3.Dana kesehatan yang ditanggung

Asuransi kesehatan juga dapat dibedakan berdasarkan dana yang ditanggung. Ada jenis asuransi kesehatan yang menanggung semua biaya pengobatan, biaya rawat jalan, rawat inap, biaya melahirkan, biaya kesehatan dan rumah sakit. Dan adapula macam asuransi yang hanya membayar biaya pengobatan tertinggi saja. Contohnya: Biaya rumah sakit paling tinggi terdapat pada biaya operasi atau bedah. Maka perusahaan asuransi hanya membayarkan dana pada biaya bedah saja.

Seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam terhadap penerapan nilai nilai syariah dalam kegiatan muamalat dan perdagangan serta kehidupan sehari hari membuat lahirlah asuransi kesehatan syariah yang dijalankan dengan prinsip prinsip syar’i dan islami.

Asuransi kesehatan syariah akan sangat menguntungkan kedua belah pihak yaitu perusahaan asuransi dan pihak tertanggung. Azas yang dijalankan adalah saling tolong menolong dan membantu sesama dalam menyediakan biaya pengobatan dan rumah sakit.

4.Tanggungan

Pembagian asuransi kesehatan juga dapat dilihat dari jumlah tanggungan. Ada asuransi kesehatan untuk kelompok. Contohnya asuransi BPJS Kesehatan yang menanggung biaya kesehatan satu keluarga. Dan ada pula asuransi kesehatan yang khusus diperuntukan bagi personal.

Begitu banyaknya jenis asuransi kesehatan di Indonesia bisa saja membuat anda bingung untuk memilihnya sesuai kebutuhan anda dan keluarga anda. Apabila anda mau memiliki polis asuransi kesehatan yang bagus dan sesuai kebutuhan maka anda bisa menjadi nasabah asuransi kesehatan Panin atau Prudential yang sudah sangat terkenal dan terpercaya.

Prudential menyediakan layanan asuransi kesehatan yang akan menolong anda dalam membiayai semua dana pengobatan di rumah sakit. Dengan adanya asuransi kesehatan maka anda tidak usah risau dengan mahalnya biaya pengobatan di masa depan karena semua biaya itu ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi.

Selain itu, anda bisa memilih asuransi kesehatan syariah yang lebih menguntungkan bagi anda. Semua pilihan terserah anda. Pastikan anda mempunyai polis asuransi untuk mengkover semua biaya kesehatan dan pengobatan di masa datang yang semakin mahal. Mungkin saat ini anda dalam kondisi sehat. Tapi suatu saat nanti anda menderita penyakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang mahal. Semua itu dapat dibiayai dan terbantu dalam soal biaya dengan adanya asuransi kesehatan swasta maupun pemerintah.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan keterbukaan informasi publikmembuat proses pendaftaran asuransi kesehatan hingga pencairannya dimudahkan. Bagi anda yang ingin bergabung dalam asuransi kesehatan Prudential maka anda dapat menghubungi agen asuransi Prudential terdekat. Yang saat ini agen asuransi prudential telah terdapat di sejumlah wilayah dan kota di Indonesia.

Contoh Asuransi Kesehatan

Popularitas asuransi kesehatan semakin meningkat pesat di tahun 2019 ini. Banyak orang dan keluarga mulai mengikuti program asuransi kesehatan. Karena mereka menyadari asuransi jenis ini sangat penting selama hidupnya untuk memberikan perlindungan terhadap resiko kerugian seperti sakit.

Salah satu jenis asuransi kesehatan yang sedang trend adalah BPJS Kesehatan. Asuransi ini menjadi topik yang hangat dengan rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan seiring dengan defisit yang dialaminya secara terus menerus.

Asuransi BPJS kesehatan mempunyai dua fungsi yaitu sebagai asuransi rawat inap dan rawat jalan. Untuk biaya rawat inap lebih mahal ketimbang biaya rawat jalan. Anda bisa mengikuti asuransi kesehatan rawat inap untuk membayar biaya pengobatan yang mahal tersebut.

Di Indonesia sudah banyak perusahaan swasta yang merilis produk asuransi kesehatan terbaru yang sudah populer dan banyak di pergunakan di masyarakat. Contohnya : Asuransi Kesehatan Prudential, Allianz, dan lain-lain.

Produk asuransi kesehatan yang diterbitkan setiap perusahaan swasta tersebut memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Anda dapat mempelajari kelebihan, manfaat dan fasilitasnya secara lengkap untuk memilih asuransi kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Demikianlah jenis jenis asuransi kesehatan di Indonesia. Jika artikel ini masih terdapat kekurangan maka anda dapat menambahkannya sendiri. Namun demikian, apa yang penulis sampaikan ini sudah memadai bagi para pembaca sekalian untuk mengenal asuransi secara lebih lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X