Inilah Arti Double Claim Asuransi

Arti Double Claim Asuransi

Dalam melakukan asuransi apapun memang diperlukan kehati-hatian, informasi yang cukup mengenai hal tersebut. begitu juga jika ingin mendapatkan asuransi kesehatan. Pendaftar atau pengguna kartu asuransi kesehatan harus terlebih dahulu mengetahui seluk-beluk tentang berbagai hal tentang asuransi kesehatan, baik tentang sistem pelayanan, pembayaran, istilah-istilah, tentang hak dan kewajiban, dan banyak hal penting lainnya yang harus dipahami terlebih dahulu seperti salah satunya adalah istilah Double Claim Asuransi. Dari membaca namnya saja atau asuransi pasti menyimpulkan bahwa seseorang bisa mengklaim atau mendapatkan dua asuransi. Untuk lebih tepatnya apakah double claim tersebut dan hal-hal apa saja yang meliputi double claim? Berikut penjelasannya tentang Arti Double Claim Asuransi.

Apa Itu Arti Double Clain Asuransi?

Double claim asuransi merupakan istilah yang digunakan untuk pengguna asuransi biasanya merupakan penawaran dari pihak asuransi yang dimiki. Penawaran tersebut adalah berupa penawaran bahwa bisa memiliki dua kartu asuransi dari dua perusahaan asuransi kesehatan yang berbeda. Dua kartu asuransi yang dimiliki tidak berlaku atau tidak bisa digunakan apabila terjadi hal seperti berikut ini:

Melati jatuh sakit kemudian dia menggunakan kartu asuransi kesehatan dengan biaya 2.000.000 rupiah tetapi Melati menggunakan kedua kartu tersebut dengan harapan mendapatkan total 4.000.000 rupiah. Hal tersebut tidak akan pernah terjadi karena pihak asuransi tidak akan memberikan biaya pengobatan atau perawatan jika sudah ditanggung oleh pihak asuransi kesehatan lainnya. Sebaliknya, double claim bisa digunakan pada situasi berikut ini. Melati jatuh sakit kemudian dia harus dirawat inap dengan total biaya perawatan dan juga pengobatan sebesar 2.000.000 rupiah sedangkan asuransi milik Melati hanya terdapat uang 1.000.000 rupiah saja kemudian Melati menggunakan kartu asuransi kesehatan yang lain yang memiliki total asuransi lebih dari satu juta. Melati kemudian menggunakannya untuk menutupi biaya kekurangannya sebesar 1.000.000 rupiah yang tidak terdapat pada kartu asuransi kesehatan yang pertama. Jadi kegunaan double claim adalah untuk menutupi biaya tanggungan kesehatan yang belum terlunasi oleh pihak asuransi lainnya.

Pengguna double claim bisa menggunakannya dengan cara memberikan dokumen atau bukti pembayaran yang belum dibayarkan penuh oleh pihak asuransi lainnya. Selain itu, pengguna harus menunjukkan bukti lainnya berupa kuitansi pembayaran, total biaya rumah sakit yang telah mendapatkan legalisir, resume medis, dan juga formulir klaim yang sudah ada pada asuransi.

Baca Juga : Mengapa Setiap Orang Wajib Memiliki Asuransi Kesehatan

Syarat menggunakan dua asuransi kesehatan yaitu apabila memiliki Asuransi BPJS dengan asuransi swasta, pengguna harus mendahulukan menggunakan kartu asuransi BPJS kesehatan kemudian biaya lainnya yang belum tercukupi bisa menggunakan kartu asuransi kesehatan swasta.

Beberapa Hal Yang Perlu Diketahui Tentang Double Claim

Berikut ini adalah beberapa rangkuman tentang double claim :

  1. Double claim merupakan fasilitas dengan menggunakan kartu asuransi lainnya dengan aturan jika biaya tanggungan oleh asuransi lain belum terlunasi oleh kartu asuransi yang digunakan pertama kali.
  2. Dua kartu asuransi kesehatan tidak bisa digunakan untuk mencari uang melainkan untuk meringankan beban biaya pengobatan atau perawatan.
  3. Dua kartu asuransi kesehatan ini juga tidak bisa digunakan untuk memberikan biaya perawatan atau pengobatan dua kali lipas biaya aslinya.
  4. Selain itu, double claim juga tidak bisa digunakan untuk melunasi semua biaya. Maksudnya adalah asuransi A membiayai semua pengobatan secara lunas kemudian menggunakan kartu asuransi kesehatan B untuk melunasi juga. Hal tersebut tidak akan berlaku dan tidak akan pernah terjadi.

Itulah beberapa infomasi mengenai istilah Arti Double Claim Asuransi. Sebaiknya manfaatkan fasilitas double claim dengan sebaik mungkin sesuai dengan kegunaannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X