Daftar Asuransi Yang Menanggung Biaya Covid 19

Penyebaran virus Korona yang semakin meluas di dunia belum menunjukkan gejala akan mengalami penurunan ke titik nadir. Penurunan kasus masih sangat langka terjadi di banyak negara. Walaupun ada sebagian negara yang mengalami penurunan kasus positif covid 19. Namun belum sepenuhnya terbebas dari wabah Covid19.

Turunnya penyebaran virus korona di dunia membuat beberapa negara mencabut status lockdown. Hal itu pula yang terjadi di negara Indonesia. Beberapa propinsi di tanah air mengalami penurunan kasus positif covid19. Sehingga status PSBB dicabut. Namun demikian, di sebagian propinsi yang lain masih menunjukkan kasus positif covid19 yang masih sangat tinggi. Seperti di Jawa Timur dan DKI Jakarta. Status PSBB masih berlangsung.

Menyebarnya virus corona dari kota sampai ke pedesaan membuat khawatir banyak pihak. Masyarakat merasakan kecemasan ketika ia berada di suatu daerah. Takut tertular oleh virus yang merusak organ pernafasan ini. Oleh sebab itu, pemakaian masker dan sarung tangan serta menjaga jarak merupakan hal yang wajib dipergunakan ketika ia bepergian atau berada di luar rumah.

Cara Penyebaran Virus Korona

Berikut ini cara penyebaran virus corona, antara lain:

1.Melalui udara

Virus korona dapat menyebar melalui udara yang mengandung virus corona. Misalkan pengidap covid19 bersin maka udara di sekitarnya mengandung virus yang jika dihirup oleh orang lain akan membuat ia tertular virus corona. Atau istilahnya, penularan virus korona dapat terjadi melalui kontak langsung dengan pengidap covid19

2.Melalui tangan

Tangan yang pernah menyentuh air liur pengidap covid19 dapat memicu penularan virus corona. Oleh karenanya, penggunaan sarung tangan saat keluar rumah sangat diwajibkan untuk mencegah hal seperti ini terjadi.

Dampak Covid19

Dampak merebaknya wabah virus corona membuat semua orang menjadi cemas dan ketakutan tertular virus ini. Virus ini dapat menyebabkan kerusakan organ pernafasan dan kerusakan otak. Orang yang terkena virus ini dapat mengalami kematian secara mendadak. Beberapa manusia biasa sampai orang tersohor pun pernah mengidap covid19. Dari mulai selebritis, perdana menteri, kepala daerah dll.

Adapun yang menjadi dampak buruk pandemi covid19 adalah setiap orang diharuskan berdiam diri di rumah. Kecuali ada hal penting yang mewajibkan ia keluar rumah. Ini lantaran pemerintah melakukan lockdown untuk menghentikan penyebaran virus corona. Dampak dari itu semua, setiap orang tidak bisa bergerak bebas di luar rumah. Kegiatan ekonomi yang dilakukan di luar rumah menjadi terganggu. Sebagian besar orang tidak memiliki penghasilan lagi karena kegiatan ekonomi yang dibatasi. Sejumlah warung, toko, kantor, pusat perbelanjaan dan sekolah ditutup.

Seiring berjalan waktu, beberapa negara di dunia mencabut status lockdown seiring penurunan jumlah kasus positif covid19. Indonesia pun menyusul. Namun dengan dicabutnya status PSBB seolah-olah masyarakat merasa bebas. Tempat wisata, pasar dan perkantoran mulai dibuka. Hingga menimbulkan penularan virus corona di area perkantoran dan publik. Yang mengakibatkan jumlah penderita covid19 bertambah banyak di Indonesia hingga 200.000 orang lebih dinyatakan positif terinfeksi covid19.

Walaupun situasi lockdown di  sejumlah negara dicabut. Namun tetap saja masyarakat merasa kecemasan yang tinggi. Karena dengan dicabutnya pergerakan manusia mulai bebas dan interaksi antar sesama manusia menjadi tinggi. Yang dapat memicu timbulnya menyebarnya penularan covid19.

Pencabutan status lockdown merupakan hal yang mesti dilakukan oleh pemerintah suatu negara. Karena tidak mungkin sebuah negara menerapkan lockdown selamanya. Karena hal itu akan membuat perekonomian masyarakat dan negara jadi lumpuh total.

Saat ini puncak pandemi covid19 sudah mulai mereda di seluruh dunia. Sejumlah negara mencabut status lockdown. Begitupula yang terjadi di Indonesia. Namun kewaspadaan terhadap penyebaran covid19 harus dijunjung tinggi. Penerapan protokol kesehatan yang ketat mesti diterapkan di pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat umum lainnya.

Di tengah mulai meredanya wabah covid19 di sebagian daerah di tanah air, kecemasan yang timbul di masyarakat masih sangat tinggi. Ketakutan tertular oleh covid19. Yang jika ia dinyatakan mengidap virus corona maka ia mesti melakukan perawatan di rumah sakit rujukan atau Wisma Atlet. Tidak ada lagi upaya isolasi diri di rumah beberapa hari sampai ia sembuh.

Daftar Asuransi Yang Menanggung Biaya Covid19

Suatu berita yang sangat menggembirakan adalah adanya jaminan pemerintah untuk menanggung biaya pengobatan setiap orang yang mengidap covid19.  Hal sangat meringankan biaya keuangan pengidap covid19. Beberapa perusahaan asuransi pun melakukan hal yang sama yakni memberikan jaminan proteksi keuangan saat pandemi covid belum berakhir.

Berikut ini daftar asuransi yang menanggung biaya covid19, antara lain:

1.Prudential

Asuransi Prudential memberikan perlindungan keuangan bagi siapa saja yang mengidap covid19. Biaya santunan yang diberikan pihak asuransi sebesar Rp 1 juta setiap hari. Santunan diberikan selama 30 hari. Untuk informasi lebih lengkap, anda bisa berkunjung ke website resmi PT Prudential Life Assurance Indonesia.

2.Axa Mandiri Financial Services

Perusahaan yang menginduk ke Bank Mandiri tbk ini berjalan sesuai kebijakan pemerintah. Di saat Pandemi covid19 ini, AXA Mandiri menanggung semua biaya pertanggungan bagi para medis yang sedang bekerja menangani pandemi Covid 19. Untuk perawat diberikan uang pertanggungan sebesar Rp 25 juta, dokter Rp 50 juta dan tenaga kesehatan yang lain Rp 10 juta.

Asuransi AXA Mandiri juga memberikan proteksi bagi masyarakat yang terkena covid19. Masa berlaku dimulai tanggal 1 April 2020 sampai 31 Maret 2021. Dengan asuransi ini, nasabah berhak mendapatkan proteksi biaya rawat inap tanpa biaya tambahan.

3.Manulife Indonesia

Sebagai perusahaan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia asuransi membuat PT Manulife Indonesia mengerti kebutuhan masyarakat terhadap asuransi. Di saat pandemi Covid19 ini, masyarakat lebih membutuhkan asuransi yang mengkover seluruh biaya kesehatan jika ia mengidap covid19.

PT Manulife Indonesia menyediakan asuransi yang akan memberikan perlindungan seluruh biaya pengobatan jika nasabah divonis mengidap covid19. Proses pemberian santunan langsung diberikan tanpa menunggu waktu lama. Selain itu, jika nasabah meninggal dunia akan diberikan santunan sampai Rp 200 juta.

4.AIA

Perusahaan yang berkantor pusat di Tiongkok ini menyediakan layanan asuransi covid19. Bagi seorang nasabah yang dinyatakan covid19 akan memperoleh proteksi biaya kesehatan selama 30 hari. Yang meliputi biaya rawat inap senilai Rp1,5 juta setiap hari. Untuk keterangan lebih lanjut, sobat dapat mengunjungi situs resmi PT AIA Financial.

5.FWD Life

Sebagai perusahaan asuransi ternama di Indonesia, PT FWD Life ikut membantu keuangan masyarakat dengan menjamin segala biaya pengobatan apabila nasabahnya divonis mengidap covid19. Adapun manfaat yang ditawarkan asuransi FWD Life adalah santunan sebesar Rp 1 juta perhari ditambah dengan Rp 10 juta.

Asuransi FWD Life bukan hanya memberikan proteksi keuangan kesehatan bagi nasabah yang mengidap Covid19. Tapi juga mencakup nasabah yang berada dalam masa karantina atau sebagai orang dalam pengawasan (ODP). Adapun santunan yang diberikan Rp 5 juta.

6.Mega Insurance

Pada website resminya, Mega Insurance berjalan seiring dalam membantu tugas pemerintah menghadapi pandemi wabah covid19. Salah satu bentuk nyata dengan memberikan asuransi Mega Insurance untuk memproteksi biaya kesehatan masyarakat dari wabah virus corona. Segala biaya pemeriksaan dan perawatan pasien Covid 19 akan ditanggung biayanya oleh pihak asuransi.

Itulah asuransi yang menanggung biaya covid19. Untuk mencegah segala kemungkinan terburuk yang merugikan keuangan, anda bisa mengambil asuransi di atas. Namun demikian, kita berharap mudah-mudahan kita semua dapat terhindar dari penyakit covid19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *