Cara Memilih Asuransi Di Saat Pandemi Corona

Wabah Covid19 yang terjadi pada mulanya di China terus menyebar ke sejumlah negara di dunia termasuk Indonesia. Dampaknya sudah luar biasa besar terhadap perekonomian masyarakat dan negara bersangkutan. Dimana sebagian besar orang tidak mempunyai penghasilan lagi karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus corona. Stay at home demikianlah slogan yang menyebar di saat pandemik covid19 yang artinya berdiam dirilah di rumah dalam rangka memutus penyebaran covid19.

Kondisi ekonomi masyarakat dan negara yang mengalami kelesuan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Karena roda ekonomi mesti berjalan. Oleh karena itu, sejumlah negara di dunia sudah mulai membuka pusat perkantoran, pusat perbelanjaan, sekolah, universitas, restoran, tempat wisata, dan tempat publik lainnya. Namun semua fasilitas umum itu dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Perkembangan wabah covid19 yang masih berlangsung saat ini berdampak juga pada bisnis asuransi. Berdasarkan keterangan dari para perusahaan asuransi swasta dan pemerintah, semenjak virus corona mewabah maka jumlah nasabah asuransi kesehatan bertambah banyak. Hal inilah yang membuat wabah covid19 membawa angin segar bagi prospek industri asuransi kesehatan di tanah air.

Adapun asuransi yang paling diminati masyarakat terkini di Indonesia adalah asuransi kesehatan yang sekaligus dapat memproteksi biaya kesehatan akibat mengidap virus corona. Sama seperti kebutuhan pokok, harga asuransi kesehatan mengalami kenaikan yang signifikan dan terkadang stabil kembali di tengah pandemik covid19 saat ini.

Pengaruh Terhadap Ekonomi

Pengaruh penyebaran covid19 yang terus menyebar di tanah air sampai 3000 kasus positif perhari membuat berbagai pihak merasakan dampaknya. Seperti kalangan pengusaha, pedagang besar, pedagang menengah dan pedagang kecil. Penghasilan mereka yang menjadi turun drastis. Namun demikian, ada segelintir jenis usaha yang laris manis di masa pandemik corona.

Ada beberapa jenis usaha yang mengalami masa laris manis di tengah wabah virus corona. Seperti bisnis online, Go Food, Grab Food, dll. Dan sebagian besar jenis usaha yang mengalami gulung tikar. Seperti bisnis wisata, usaha kuliner kaki lima dan lain sebagainya. Semua itu hanyalah sementara. Sebab wabah covid19 akan segera berakhir.

Minat Masyarakat Terhadap Asuransi

Sebelum wabah covid19 merajalela, masyarakat sudah disadarkan akan pentingnya produk asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan dan asuransi lainnya sebagai sebuah produk proteksi dari segala kerugian. Jangan sampai anda menderita kerugian lebih besar lagi diakibatkan terjadinya musibah. Solusinya mengambil asuransi.

Anda bisa menyaksikan bahwa orang-orang yang makmur secara finansial umumnya mereka membekali diri dengan asuransi. Misalkan dengan mengambil asuransi properti, asuransi kesehatan, asuransi pendidikan, asuransi jiwa dan lain-lain. Premi asuransi yang dibayarkan setiap bulan sangat kecil nilainya. Sedangkan manfaat yang dirasakan lebih besar dari biaya premi yang dibayarkan.

Seiring dengan mewabahnya virus corona yang terus bermunculan pasien positifnya di berbagai daerah di tanah air membuat banyak orang yang jadi takut. Mereka takut keluar rumah dan tertular covid19. Ketakutan itu sangat wajar karena terus bertambah para pengidap covid19 di Indonesia. Untuk mengantisipasi kejadian buruk yang bisa terjadi maka anda bisa mengambil asuransi kesehatan.

Mengapa harus mengambil asuransi kesehatan? Untuk membiayai pengobatan jika sewaktu-waktu anda sakit selama pandemik yang memerlukan biaya pengobatan mahal.

Di saat Indonesia memasuki era new normal yang dibayangi oleh covid19 yang terus mengintai maka penjualan asuransi kesehatan terus meningkat. Masyarakat sudah sejak dari dulu mengetahui arti pentingnya asuransi. Di tambah lagi dengan wabah pandemik virus corona yang semakin meningkatkan kesadaran mereka untuk mengambil asuransi kesehatan.

Sifat virus corona yang mudah menyebar dan menular ini sangat membahayakan. Virus ini bisa menular melalui udara dan pada saat seseorang mempunyai daya tahan tubuh yang lemah. Oleh sebab itu, cara paling mudah untuk menghindari terkena covid19 adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penularan dengan jaga jarak dan pakai masker.

Covid19 ini bisa dibilang virus yang sangat berbahaya. Karena orang yang positif virus ini terkadang tidak menampakkan gejala. Inilah yang disebut orang tanpa gejala padahal ia mengidap covid19. Dengan mudahnya ia menularkan kepada orang lain di sekitarnya tanpa ia dan masyarakat ketahui.

Resiko kematian bagi orang yang terkena covid19 cukup ada. Walaupun lebih banyak penderita covid19 yang sembuh ketimbang yang meninggal dunia, tetap saja covid19 berbahaya. Karena ia menyerang pernafasan organ manusia bagian atas yang kemudian menyerang paru-paru. Pada akhirnya, penderitanya mengalami pneumonia.

Demam panas yang sangat tinggi dan rasa sesak nafas adalah salah satu gejala yang diakibatkan oleh serangan virus corona. Inilah pertanda sebuah gejala yang harus diobati secepat mungkin. Pada situasi seperti ini, banyak orang yang lebih memilih untuk mengambil asuransi kesehatan untuk memperoleh perlindungan biaya pengobatan yang optimal.

Bagi anda yang sekarang belum mempunyai asuransi kesehatan maka anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil asuransi kesehatan sesuai kebutuhan. Disebabkan berbagai penyakit baru dan wabah corona yang belum usai. Anda dapat membentengi diri dengan asuransi kesehatan yang tepat.

Cara Memilih Asuransi Di Saat Pandemik Corona

Bagi anda yang mau mengambil asuransi di saat pandemik corona ini ada beberapa hal yang patut dipertimbangkan, antara lain:

1.Mengambil asuransi kesehatan pada waktu sehat

Seringkali seseorang menunda-nunda untuk mengambil asuransi kesehatan. Ia masih berpikir bahwa ia masih sehat. Padahal asuransi kesehatan bukanlah untuk orang yang sakit. Asuransi untuk memberikan perlindungan biaya kesehatan yang optimal atas suatu musibah yang terjadi. Contohnya jika ia sakit terpapar virus corona. Maka asuransi yang akan mengcover semua biaya pengobatan.

Musibah sakit tidak bisa kita duga. Kita bisa sewaktu-waktu sakit dan mesti dirawat di rumah sakit. Dan mesti menghabiskan biaya yang besar. Apalagi sekarang sedang mewabah covid19 yang bisa saja menyerang anda saat lengah.

Jangan sampai anda mengambil asuransi ketika sakit. Justeru itu sangat merugikan dan pengajuan klaim bisa ditolak. Musibah sakit bisa datang saja tanpa diduga. Anda bisa mengikuti berbagai jenis asuransi kesehatan yang disediakan oleh pemerintah atau swasta. Contohnya : BPJS kesehatan, Allianz, Prudential, Manulife, dan asuransi kesehatan lain sebagainya.

2.Memilih asuransi berdasarkan kebutuhan

Pada waktu wabah pandemik covid19 ini, anda hendaknya mengambil asuransi kesehatan berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan keinginan. Ada berbagai jenis dan macam asuransi. Pilihlah sesuai kebutuhan. Misalkan anda memilih asuransi sistem reimbursement atau cashless.

3.Membaca polis asuransi secara seksama

Salah satu hal yang sering dilewatkan orang adalah membaca polis. Padahal ini penting. Untuk mengetahui ketentuan dan peraturan asuransi. Selain itu, untuk mengetahui berbagai kewajiban dan hak anda sebagai nasabah. Dengan memahami itu anda akan mengetahui fasilitas yang akan anda dapatkan dari asuransi bersangkutan. Seperti mengcover sakit covid19 atau tidak. Pilihlah  asuransi yang mengcover sakit covid19 di tengah situasi pandemik corona yang semakin meluas ini.

4.Jangan terpedaya oleh harga murah

Berbagai produk asuransi kesehatan sangat beragam dan tumbuh jenis asuransi yang baru. Ada yang memberikan tawaran premi dengan harga murah. Dengan sejumlah fasilitas dan layanan yang menarik. Hal ini mungkin membuat anda menarik. Padahal asuransi premi murah memiliki keterbatasan dalam layanan dibandingkan dengan asuransi premi lebih mahal.

Anda jangan terkecoh dengan asuransi premi murah. Mungkin saja ada beberapa penyakit yang tidak diback up atau layanan kesehatan yang kurang optimal. Anda bisa mengecek dulu layanan dan fasilitas yang diperoleh dari asuransi kesehatan premi murah. Supaya anda tak menyesal di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *