Cara Klaim Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit

Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Cara Klaim Asuransi Kesehatan – Negara Indonesia merupakan pangsa pasar yang sangat menggiurkan bagi suatu proyek. Termasuk produk asuransi kesehatan. Saat ini masyarakat Indonesia sudah terbiasa menggunakan BPJS kesehatan. Namun asuransi kesehatan nasional tersebut terkadang tidak memadai. Berbagai pelayanan rumah sakit terhadap peserta BPJS kesehatan kurang maksimal.

Seiring dengan kebutuhan masyarakat Indonesia yang sangat besar terhadap perlindungan asuransi kesehatan yang baik maka bermunculan berbagai jenis asuransi kesehatan dari aneka macam perusahaan dalam negeri dan luarnegeri. Selain itu, lembaga perbankan juga sudah banyak yang mengeluarkan produk asuransi . Seperti contoh asuransi BRI, asuransi kesehatan BCA, asuransi kesehatan Manulife, Prudential, Takaful, Sinarmas dan lain sebagainya.

Dengan beragamnya asuransi kesehatan di Indonesia membuat masyarakat lebih banyak pilihan. Mereka bisa lebih leluasa dalam memilih jenis asuransi yang tepat bagi kebutuhan mereka. Disesuaikan dengan kemampuan finansial dan layanan kesehatan yang diperlukan.

Seseorang tidak bisa menyepelekan asuransi kesehatan. Karena asuransi ini sangat penting bagi kehidupan manusia. Suatu hari manusia bisa sakit atau mengalami kecelakaan yang tak terduga yang akan membutuhkan biaya sangat besar untuk mengobatinya.

Pada waktu seseorang terkena musibah kecelakaan atau sakit maka itulah waktu tepat untuk melakukan klaim. Segala biaya rawat inap, rawat jalan, biaya operasi, biaya obat-obatan dan lain-lain dapat ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Namun kerapkali seseorang kebingungan dalam melakukan klaim asuransi. Dari manakah mulainya dan bagaimanakah caranya? Oleh sebab itu, berikut ini akan dijelaskan prosedur klaim asuransi kesehatan.

Pengertian Klaim Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Produk keuangan ini bermanfaat untuk mengantisipasi keuangan jika terjadinya suatu musibah kecelakaan atau penyakit yang memerlukan uang besar. Asuransi kesehatan bukan hanya berguna untuk kalangan individu dan keluarga tapi juga dalam lingkup lebih besar yaitu perusahaan.

Kalau diibaratkan asuransi kesehatan bagaikan sebuah payung yang akan melindungi seseorang dari biaya kesehatan yang mahal akibat sakit atau kecelakaan.

Untuk memahami pengertian klaim asuransi kesehatan diawali dulu dengan pengertian polis asuransi. Asuransi adalah sebuah perjanjian atau kontrak yang sangat jelas dan disepakati antara pihak tertanggung atau nasabah dengan pihak penanggung atau perusahaan asuransi untuk saling mengikatkan diri dalam soal beralihnya resiko.

Untuk menjadi peserta sebuah asuransi kesehatan maka seseorang mendaftarkan diri terlebih dahulu yang bisa dilakukan secara offline ataupun online. Kemudian diadakan suatu perjanjian dimana peserta atau tertanggung wajib menyetorkan premi perbulan secara rutin. Supaya mendapatkan hak untuk melakukan klaim jika suatu waktu mengalami kondisi yang ditentukan.

Pendek kata, premi perbulan yang disetorkan nasabah masuk dalam kantong perusahaan asuransi. Yang kemudian dikelola secara baik dan benar. Misalkan diinvestasikan. Pada akhirnya, uang premi yang terkumpul dari banyak nasabah tersebut dipergunakan untuk mengganti biaya kerugian jika suatu hari nasabah menderita sakit atau kecelakaan.

Untuk pengertian klaim asuransi kesehatan adalah suatu permintaan yang dilakukan oleh peserta kepada perusahaan asuransi untuk memperoleh pembayaran uang berhubung dengan kerugian yang menimpanya. Misalkan jika ia sakit maka perusahaan yang akan menanggung biaya berobat dan pengobatan peserta.

Baca Juga : Kelebihan Asuransi Jiwa Unit Link Yang Belum Anda Ketahui

Prosedur Klaim Asuransi Kesehatan Terbaik

Cara Klaim Asuransi Kesehatan

 

Jika anda belum memahami alur klaim asuransi maka sangat wajar. Apalagi anda belum pernah melakukan klaim. Ribuan orang lainnya masih banyak yang belum mengerti cara melakukan klaim asuransi kesehatan. Padahal hal tersebut merupakan bagian dari hak dari peserta asuransi kesehatan dan tujuan utama untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.

Sangat disayangkan jika anda tidak bisa melakukan klaim asuransi. Padahal iuran premi yang dibayarkan secara rutin setiap bulan sudah lama dilakukan. Oleh sebab itu, berikut ini prosedur klaim asuransi kesehatan untuk biaya rawat inap dan rawat jalan.

1.Rawat inap

Untuk prosedur klaim rawat inap dimulai dari :

  • Memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh pihak perusahaan asuransi kesehatan dalam melaksanakan klaim. Seperti masa aktif premi. Untuk Asuransi BPJS dan swasta yang lain diwajibkan peserta telah membayar iuran premi secara bulanan dan sudah terbayarkan bulan sekarang. Apabila ada tunggakan iuran premi maka harus dibayarkan secara lunas terlebih dulu barulah bisa merasakan manfaat asuransi kesehatan. Misalkan cicilan premi yang belum terbayar sebesar Rp 3 juta maka anda harus membayar semua cicilan itu sampai lunas. Sehingga anda bisa mendapatkan fasilitas asuransi kesehatan.
  • Mengontak perusahaan asuransi. Setelah syarat-syarat untuk melakukan klaim terpenuhi dengan baik, selanjutnya adalah menghubungi pihak perusahaan asuransi atau agen setempat sebelum anda di rawat di rumah sakit. Apabila dalam kondisi gawat darurat maka dapat ditempuh 2×24 jam sesudah anda dirawat inap.
  • Sertakan pula dokumen pendukung ketika anda menghubungi pihak perusahaan asuransi. Supaya proses klaim dapat berjalan lancar. Atau proses klaim tidak tertolak. Dokumen pendukung seperti KTP, kartu asuransi, rujukan dokter dll. Pastikan identitas diri antara KTP dengan kartu asuransi kesehatan sesuai. Baik dalam segi nomor telepon, tanggal lahir, nama identitas, dll.
  • Memilih rumah sakit. Sesudah perusahaan asuransi mendapatkan data sobat maka mereka akan menelaah data tersebut secara akurat. Setelah data anda valid maka anda diberikan pilihan untuk memilih rumah sakit yang mana untuk berobat. Jika anda kesulitan dalam memilih rumah sakit maka pihak perusahaan asuransi kesehatan akan memberi sejumlah referensi beberapa rumah sakit yang telah menjadi mitranya dan cocok bagi anda.
  • Sesudah klaim asuransi disetujui maka anda akan mendapatkan fasilitas kesehatan sesuai perjanjian yaitu biaya perawatan dan pengobatan dibayarkan langsung oleh pihak asuransi sebagai penanggung. Tunjukkan saja pada pihak administrasi rumah sakit identitas kartu polis asuransi kesehatan.
  • Bagian administrasi rumah sakit akan mengurus asuransi kesehatan anda. Sehingga semua biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit dapat dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi. Namun dalam batas tertentu. Mengingat adanya tanggungan maksimal yaang dapat dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi sesuai kesepakatan sebelumnya. Sehingga pada waktu adanya selisih maka anda harus bayar sendiri kekurangan itu.

2.Rawat jalan

Untuk prosedur klaim asuransi rawat jalan berbeda dengan alur klaim rawat inap. Dimana pihak tertanggung membayar sendiri biayanya selama di rumah sakit. Barulah selepas keluar rumah sakit biaya tersebut diganti oleh perusahaan asuransi.

Berikut ini cara klaim asuransi kesehatan rawat jalan :

  • Mengisi formulir secara lengkap
  • Menyertakan dokumen klaim pelengkap yang meliputi biaya obat-obatan, biaya jasa dokter, rincian biaya perawatan dan pengobatan dari dokter, surat laporan dari dokter, bukti pembayaran rumah sakit secara lunas
  • Proses klaim asuransi hendaknya dilakukan secepatnya. Sebab adanya masa kedaluarsa.

Baca Juga : Kenapa Setiap Orang Harus Memiliki Asuransi Kesehatan

Cara Klaim Asuransi Kesehatan Di Rumah Sakit

Setelah membaca artikel di atas akan tampak betapa mudahnya melakukan klaim asuransi kesehatan. Sesudah melakukan semua itu pastinya klaim asuransi 99 persen berhasil. Kemudian, anda akan mudah memperoleh fasilitas kesehatan sesuai perjanjian sebelumnya.

Namun, jika pengajuan klaim asuransi kesehatan anda ditolak maka jangan berkecil hati dan menyerah. Anda dapat mempelajari kembali alasan penolakannya. Selain itu, anda dapat melihat dokumen yang disertakan. Mungkin saja ada dokumen pendukung yang belum anda sertakan.

Lalu anda dapat mengajukan keberatan terhadap penolakan klaim asuransi kesehatan secara tulisan maupun lisan. Bentuk ini sebagai bagian dari protes yang diharapkan pihak asuransi mengalah dan mengabulkan klaim asuransi anda. Sehingga Cara Klaim Asuransi Kesehatan di rumah sakit mudah dan disetujui. Pada akhirnya, penggantian biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit dapat dilakukan oleh perusahaan jasa penyedia asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X