Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Sehat itu mahal. Berapa banyak orang yang rela menghabiskan uangnya sampai ratusan juta rupiah supaya dirinya atau anggota keluarganya sehat. Misalkan seperti yang dialami oleh artis terkenal Denada yang menghabiskan uang sampai milyaran rupiah supaya buah hati tercintanya dapat hidup sehat.Untuk memenuhi biaya pengobatan anaknya yang cukup mahal sampai milyaran rupiah lebih tersebut terpaksa ia menjual apartemen mewahnya.

Apakah anda mengerti biaya kesehatan dan pengobatan itu mahal harganya? Salah satu cara mengantisipasi biaya pengobatan yang mahal tersebut tersedia produk asuransi kesehatan. Sehingga jika seseorang sakit maka ia bisa berobat dengan pelayanan kesehatan yang baik. Biaya pengobatan yang mahal dapat dibayarkan oleh pihak perusahaan asuransi sebagai penanggung.

Di pasaran ada berbagai macam produk asuransi kesehatan dari berbagai lembaga swasta dan pemerintah. Dari sekian banyak itu ada yang bagus dan ada pula yang tidak. Pastinya anda akan mengharapkan mengambil Asuransi Kesehatan Yang Bagus dan sesuai kebutuhan. Hal tersebut terasa mudah bagi mereka yang sudah berpengalaman dalam mengambil sebuah asuransi. Namun bagi mereka pemula pastinya kesulitan dalam menentukan asuransi kesehatan terbaik bagi diri dan keluarganya.

Salah satu indikator sebuah asuransi kesehatan berkualitas bagus adalah memberikan perlindungan yang maksimal, lengkap dengan biaya iuran murah. Sebagian besar masyarakat lebih memilih asuransi dengan premi terjangkau disebabkan keuangan yang mereka miliki sangat terbatas.

Membahas asuransi merupakan pembahasan yang tak pernah habis. Menurut Robert T Kiyosaki menggunakan asuransi dalam kegiatan usaha sehari hari adalah suatu investasi dan kewajiban untuk melindungi aset yang anda miliki. Seperti asuransi rumah, asuransi mobil, asuransi pendidikan dan asuransi kesehatan.

Peran Penting Asuransi Kesehatan

Untuk asuransi kesehatan merupakan suatu hal yang penting untuk dibahas. Karena manusia tidak biisa selamanya hidup dalam kondisi sehat. Suatu saat disebabkan oleh lingkungan yang kotor, udara yang tak mendukung, penularan penyakit dan lain sebagainya menyebabkan manusia sakit. Jika ia mempunyai tabungan yang banyak dan kaya raya mungkin kesulitan keuangan tak akan dihadapi. Namun jika ia orang yang miskin pastinya ia sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik. Disebabkan biaya kesehatan dan pengobatan saat ini sangat mahal.

Di tengah banyaknya produk polis asuransi seperti asuransi jiwa, asuransi kebakaran, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi kecelakaan kerja, asuransi cacat dan lain-lain terkadang membuat seseorang kebingungan untuk mengambil asuransi yang dibutuhkannya. Namun yang paling diprioritaskan dan dimiliki setiap orang adalah asuransi kesehatan. Inilah yang membuat  asuransi kesehatan laris manis.

Namun asuransi kesehatan bukan tanpa kekurangan. Kekurangannya terlihat pada biaya premi bulanan yang lebih mahal ketimbang premi asuransi jiwa, pendidikan, kecelakaan dan lain sebagainya.

Asuransi kesehatan yang ada di Indonesia terdiri dari dua jenis yaitu BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan yang disediakan perusahaan swasta. Untuk premi asuransi kesehatan swasta cukup mahal sehingga sebagian masyarakat berpikir dua kali dalam mengikuti asuransi kesehatan yang diselenggarakan pihak swasta.

Akan tetapi, karena kebutuhan masyarakat Indonesia sangat tinggi terhadap produk asuransi kesehatan terutama untuk melindungi keuangan secara maksimal dan efisiensi finansial maka banyak orang yang lebih ikut serta dalam polis asuransi kesehatan yang diadakan oleh pihak pemerintah maupun swasta di dalam negeri maupun asing.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Asuransi Kesehatan Yang Bagus

Asuransi kesehatan merupakan jenis asuransi yang paling banyak disukai orang. Jarang sekali orang memikirkan membeli asuransi jiwa sebelum terlebih dahulu membeli asuransi kesehatan. Sebelum membeli asuransi jiwa atau pendidikan biasanya mereka terlebih dulu membeli asuransi kesehatan.

Adapun yang membuat masyarakat lebih menggemari untuk membeli asuransi kesehatan dibandingkan asuransi jenis lain adalah biaya rumah sakit dan resiko sakit yang sangat besar di masa depan. Biaya rumah sakit akan semakin mahal.

Bagi anda yang mau memiliki asuransi kesehatan, berikut ini tips memilih asuransi kesehatan yang bagus, antara lain:

1.Memahami produk produk asuransi kesehatan

Sebelum membeli asuransi kesehatan maka anda terlebih dahulu harus mengenal dan memahami jenis jenis asuransi kesehatan yang ada di pasaran. Seperti sebuah kata mutiara : Tak kenal maka tak sayang.” Setelah mengenal macam macam asuransi kesehatan yang ada maka selanjutnya anda memilih salah satunya sesuai kebutuhan anda.Untuk mengenal dan memahami asuransi kesehatan maka anda bisa bertanya langsung kepada penjual atau agen asuransi bersangkutan terdekat.

Saat ini masyarakat Indonesia cenderung membeli asuransi kesehatan ketika ia sedang menderita sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang mahal. Hal ini sebagai upaya untuk meringankan pembayaran premi.

2.Disesuaikan dengan kemampuan keuangan

Dalam sebuah rumahtangga ada berbagai alokasi anggaran keuangan. Seperti biaya pendidikan anak, biaya masa depan atau investasi, biaya untuk menabung, biaya tak terduga, biaya rekreasi, biaya asuransi dan lain sebagainya. Biaya asuransi perlu diperhitungkan disamping biaya lain. Dan pastikan anda mampu untuk membayar premi perbulannya.

3.Menentukan kenyamanan

Jenis perawatan apa yang anda inginkan dari sebuah polis asuransi kesehatan? Anda dapat menentukan sendiri. Misalkan kelas berapa yang anda inginkan yang membuat anda nyaman? Anda bisa memilih kamar kelas 1, 2, 3 maupun kelas VIP dan VVIP.

Apabila anda merasakan tak mengapa dirawat inap di kelas dua maka anda bisa mengambil asuransi jenis ini. Dengan demikian anda membayar premi lebih kecil daripada kamar asuransi kesehatan yang kamar kelas 1.

Berdasarkan ketentuan, asuransi kesehatan mempunyai tingkatan kelas kamar masing-masing. Contohnya BPJS Kesehatan yang mempunyai tiga kelas yakni kamar kelas satu dengan biaya premi tertentu, kamar kelas dua dengan biaya premi sedang, dan kamar kelas tiga dengan premi paling murah.

Pandangan Al Quran Tentang Asuransi Kesehatan

Allah SWT berfirman di dalam Al Qur’anul Karim :”Wahai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah kalian memperhatikan apa yang telah kalian lakukan untuk hari esok (masa depan).” Pengertian ayat Al Quran ini memerintahkan kepada setiap muslimin dan mukminat untuk memperhatikan apa yang telah dilakukan saat ini untuk meraih masa depan yang sejahtera dan selamat dalam bidang keduniaan dan akhirat.

Islam memerintahkan manusia untuk bersikap seimbang. Ia harus memperhatikan kehidupan dunia dan akhirat. Untuk mendapatkan kesejahteraan di dunia dan akhirat. Dengan salah satunya doa saput jagat yang terkenal : Ya Allah berilah aku kebaikan hidup di dunia dan akhirat”. Untuk masa depan yang selamat dan sejahtera dalam bidang keduniaan adalah dengan mempersiapkan keuangan yang baik. Salah satunya mengcover biaya pengobatan dengan memiliki asuransi kesehatan.

4. Terpercaya

Dalam memilih asuransi kesehatan pilihlah perusahaan penyedia asuransi kesehatan yang terpercaya. Salah satu cirinya mempunyai banyak cabang yang terdapat di setiap kota atau kabupaten di Indonesia. Sebab anda tidak mau rugikan jika anda tidak bisa melakukan klaim padahal uang premi bulanan telah disetorkan. Misalkan perusahaan bangkrut atau pindah ke tempat lain.

Ciri penyedia asuransi kesehatan terpercaya dapat dilihat dari website resmi yang dimilikinya. Website resminya sebagai penghubung antara perusahaan dan nasabah memiliki penampilan menarik dan banyak dikunjungi orang serta profesional.

5.Mencukupi

Hal lain yang perlu dipikirkan ketika hendak mengikuti asuransi kesehatan adalah melihat seberapa besar biaya premi bulanan. Apakah keuangan anda bisa mencukupinya setelah memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Apalagi premi asuransi kesehatan konvensional cukup besar. Jangan sampai uang anda habis hanya untuk membayar iuran asuransi. Sedangkan kebutuhan pokok tidak terpenuhi secara baik.

6.Lebih mudah

Pilihlah asuransi kesehatan yang memberikan kemudahan bagi calon nasabah dan nasabahnya itu sendiri. Misalkan kemudahan dalam pendaftaran. Untuk mendaftarkan diri sebagai nasabah asuransi kesehatan dapat dilakukan offline maupun online. Begitupula untuk pembayaran iuran premi bulanan dapat dilakukan secara online via internet banking, alfamart atau transfer rekening bank. Hal ini akan membuat anda nyaman dan aman.

Demikian sedikit tips memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus yang bisa penulis bagikan. Semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X