Asuransi Kesehatan Di Tengah Pandemi Covid 19

Virus Corona tengah meluas ke berbagai negara. Walaupun intensitasnya sudah semakin berkurang. Namun di sebagian negara perkembangan pasien Covid19 terus meningkat. Seperti yang terjadi di negara Amerika Serikat dan Brazil. Begitu pula kasus penyebaran virus Corona di Indonesiia yang terus bertambah banyak. Sebagian peneliti dunia memperkirakan bahwa negara Indonesia akan menjadi episentrum baru penyebaran virus Corona di dunia.

Kemunculan Virus Corona atau Covid 19 di dunia berawal dari binatang kelelawar di kota Wuhan China. Virus ini lalu menyebar ke berbagai kota di China sampai ke sejumlah negara di dunia. Hampir seluruh negara di dunia terkena penyebaran virus Corona dengan jumlah pasien pengidap bervariasi. Dari jumlah terkecil sampai jumlah terbanyak.

Sebenarnya dengan munculnya virus corona di muka bumi ada beberapa manfaat dan kekurangan. Untuk manfaatnya akan membuat manusia lebih sadar untuk menjaga kebersihan dan kesehatan setiap hari. Selain itu, dengan hadirnya virus corona membuat bumi lebih bersih dan segar. Karena bumi sedang merefresh diri. Sedangkan kekurangannya juga tak kalah besar yakni kerugian moral, materil dan korban jiwa.

Meluasnya virus Covid19 membawa dampak positif dan negatif. Beberapa jenis usaha mengalami penurunan omset keuangan diakibatkan mewabahnya Covid 19. Dan sebaliknya, sejumlah usaha mengalami kenaikan omset yang besar. Seperti bisnis online, dan usaha empon-empon jahe, temulawak serta jamu.

Indonesia merupakan negara berkembang yang menjadi negara yang terkena dampak penyebaran Covid19. Negara-negara maju di Eropa pada saat menghadapi mewabahnya virus Corona langsung menerapkan lockdown yang ketat. Hal ini berbeda dengan Indonesia yang memilih menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Indonesia bukanlah negara maju dan kaya seperti negara Amerika Serikat dan Negara di Eropa. Sehingga untuk melakukan lockdown diperlukan perhitungan yang matang. Sebab negara tidak bisa menjamin kebutuhan bahan pangan penduduknya secara gratis. Paling tepat dengan melakukan PSBB dengan beberapa pemberian bantuan sosial dampak Covid19 kepada masyarakat.

Momen Penting Untuk Merubah Kebiasaan Buruk

Di tengah mewabahnya virus Corona membuat setiap orang tersadar untuk berprilaku sehat setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena terbukti makan di sembarangan tempat dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Dan pola hidup sehat ini mulai lebih ditingkatkan lagi di tengah wabah Covid19.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehat yang mulai dilakukan orang di seluruh dunia semenjak merebaknya covid19, antara lain:

1.Memakai masker

Penggunaan masker bukan hanya untuk orang sehat tapi juga untuk orang yang tidak sehat. Supaya penyakit yang ia derita tidak ditularkan kepada orang lain yang sehat. Begitu pula orang sehat perlu memakai masker setiap keluar rumah untuk menjaga terjangkiti oleh virus akibat percikan air liur orang sakit.

2.Memakai sarung tangan

Memakai sarung tangan juga untuk mencegah terjangkiti virus seperti Corona. Tempat-tempat umum yang terperciki oleh air liur penderita korona jika dipegang oleh orang sehat akan memicu timbulnya terkena virus Covid19.

3.Mencuci tangan

Mencuci tangan umumnya dilakukan sebelum makan, dan sesudah keluar dari rumah. Kebiasaan ini sangat penting untuk mencegah terjangkiti virus. Seperti Covid19. Dengan mencuci tangan pakai sabun hingga bersih maka virus yang menempel pada tangan bisa hilang.

Di masa mewabah virus Covid19 seperti saat ini membuat banyak orang mulai sadar terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan membekali diri dengan asuransi kesehatan. Sebab siapa tahu dirinya terkena virus Corona. Dikarenakan musibah dan hal tak terduga dapat dialami setiap orang sebagai bagian ujian dan kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa.

Asuransi kesehatan merupakan asuransi yang wajib dimiliki untuk setiap orang saat ini. Mengingat berbagai macam penyakit dan virus baru yang bermunculan di dunia. Dan berimbas pada penyebaran ke seluruh dunia dan Indonesia. Mengingat biaya pengobatan terhadap suatu penyakit mahal maka seseorang dapat meringankannya dengan mengambil asuransi kesehatan.

Untuk asuransi kesehatan yang ada di Indonesia terbagi dua kategori yakni :

1.Asuransi Kesehatan Swasta

Asuransi yang mengkover biaya kesehatan yang mahal yang dikelola oleh lembaga perusahaan swasta komersial. Seperti asuransi kesehatan Prudential, Manulife, dll.

2.Asuransi Kesehatan Pemerintah

Asuransi yang dikelola oleh lembaga pemerintah. Dalam hal ini, pemerintah menunjuk PT BPJS Kesehatan untuk mengelola asuransi yang membiayai seluruh biaya kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Ada tiga kelas asuransi kesehatan yakni Kelas 1, 2 dan 3.

Asuransi Kesehatan Di Tengah Pandemi Covid19

Saat penurunan jumlah penderita Covid19 sudah semakin turun membuat berbagai negara mulai melonggarkan lockdown. Negara Indonesia juga sudah sebagian wilayahnya mencabut status PSBB sehingga aktifitas ekonomi sudah berjalan normal. Pasar dan mall sudah mulai dibuka dengan prosedur kesehatan yang ketat.

Seiring dengan mewabahnya Covid19 menjadi sebuah momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan secara baik dan meningkatkan daya tahan tubuh setiap hari. Caranya bisa dengan rutin berolahraga, minum jamu jamu herbal, dll.

Cara Memilih Asuransi Di Saat Pandemi Corona

Jumlah pasien positif Covid19 di Indonesia akan bertambah banyak jika masyarakat masih menyepelekan peraturan prosedur kesehatan ketat di era new normal. Anda bisa memutus rantai penyebaran Virus Corona dengan memakai masker, sarung tangan, dan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.

Lalu bagaimanakah peran dan prospek asuransi kesehatan di tengah mewabahnya Virus Corona sekarang ini? Berdasarkan keterangan dari lembaga pusat asuransi nasional bahwa klaim asuransi kesehatan di tahun 2019 dan 2020 mengalami kenaikan pesat dibandingkan tahun 2018. Sudah lebih dari Rp 20 triliun dibayarkan perusahaan asuransi untuk membayar klaim nasabahnya. Hal ini menunjukkan penggunaan asuransi kesehatan semakin meningkat di tengah pandemi Corona.

Lembaga asuransi bukan hanya membantu masyarakat dalam membiayai semua biaya kesehatan. Tapi juga memberikan penyuluhan dan penerangan pada masyarakat untuk bersikap hidup sehat dalam keseharian. Mengingat menjaga atau mencegah terjadi sakit lebih baik ketimbang mengobati penyakit.

Di saat berkembangnya wabah virus Corona dan wabah penyakit lainnya seperti demam berdarah, flu babi dan lain-lain membuat setiap orang memerlukan proteksi diri untuk biaya pengobatan jika sewaktu-waktu terkena penyakit tersebut. Karena biaya kesehatan sangat mahal bisa mencapai ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, cara yang mudah adalah mengikuti asuransi kesehatan. Misalkan dengan bergabung sebagai nasabah Asuransi Kesehatan Prudential disamping BPJS kesehatan.

Sementara itu, sekarang para perusahaan asuransi kesehatan ternama mulai bertindak proaktif dalam memberikan penjelasan tentang bagaimana cara hidup sehat dan mencegah penularan virus Covid19 kepada masyarakat. Mereka tak segan untuk mendatangi rumah masyarakat dan nasabah. Karena saat ini momen sangat tepat untuk mensosialisasikan pentingnya menjaga daya tahan tubuh yang baik sekaligus memproteksi diri dengan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan berguna untuk memperingan biaya kesehatan jika sewaktu-waktu kejadian buruk terjadi pada anda yakni sakit. Dan kasus Covid 19 yang semakin meningkat membuat masyarakat harus berhati-hati menjaga hidup sehat dan mencegah tertularnya virus dan penyakit. Dan tak kalah penting, mempersiapkan diri dengan asuransi kesehatan covid 19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *