Asuransi Kesehatan Cashless Terbaik di Indonesia

Asuransi Kesehatan Cashless

Dalam menjalani kehidupan, manusia dihadapkan pada berbagai resiko. Seperti resiko kematian, masa tua dan sakit. Apakah anda sudah mempersiapkan diri menghadapi ketiga resiko tersebut yang pasti anda alami?Jika sudah. Bagaimana bentuk nyatanya? Kalau belum maka anda bisa segera mempersiapkan diri dengan mengambil asuransi kesehatan cahless, asuransi pendidikan, kebakaran rumah, mobil, sepeda motor, asuransi jiwa, penyakit kronis dan lain sebagainya.

Masalah penyakit menjadi hal yang sangat menarik dalam dunia kedokteran. Berdasarkan perkembangan jaman, saat ini muncul beberapa penyakit yang sangat berbahaya. Belum lagi penyakit yang sudah lama ada.

Seseorang tidak tahu kapan saat ia terserang penyakit. Dan penyakit apa yang nenyerangnya. Kalaulah manusia mengidap penyakit yang kronis dan berbahaya seperti jantung dan kanker serta ginjal maka biaya pengobatan sangat mahal. Apalagi ia harus dilakukan tindakan bedah.

Biaya perawatan dan pengobatan penyakit di rumah sakit sangatlah mahal. Itu mencakup biaya obat-obatan, biaya transportasi, biaya makan di rumah sakit, biaya kamar, biaya rawat inap, biaya terapi, biaya konsultasi dokter, biaya rawat jalan dan lain-lain. Gaji anda sebesar apapun akan habis. Dikarenakan pengeluaran biaya pengobatan akan terus berlangsung dalam jangka waktu lama sampai seseorang divonis sembuh atau meninggal dunia. Apakah anda sanggup menanggungnya bila anda atau anggota keluarga anda sakit?

Bagi orang kaya apalagi orang yang miskin, biaya kesehatan yang mahal sangat membebankan ekonominya. Misalkan beberapa jenis penyakit. Sekali pengobatan bisa menghabiskan uang ratusan juta rupiah. Sekaya apa pun orang itu akan habis uangnya. Pemerintah menyadari hal itu. Untuk itulah dibuat sebuah program asuransi kesehatan nasional bagi seluruh warga negara Indonesia yang dinamakan BPJS kesehatan.

Pada hari ini penulis berada di Puskesmas Cigugur Tengah. Anak tercinta mengalami sakit batuk. Tampak banyak orang dari mulai usia balita hingga lanjut usia yang menderita sakit. Ada yang sakit telinga, hati, mata, panas demam dan lain sebagainya. Dan ada pula seorang ibu yang sedang menghadapi persalinan. Mereka memeriksakan diri ke Puskesmas ini. Semuanya merasakan kesedihan dari penyakit yang dideritanya.

Asuransi Kesehatan Terbaik di Indonesia

Mungkin anda masih belum mengerti apa itu asuransi kesehatan cashless. Apa itu pengertian cashless? Kata cashless berasal dari bahasa inggris yang berarti menghilangkan penggunaan uang tunai. Dengan demikian, asuransi cashless adalah sebuah asuransi yang sistem pembayarannya tidak menggunakan uang tunai atau cash melainkan memakai uang elektronik atau digital.

Sekarang ini merupakan jaman modern atau era industri 4. Dimana segala sesuatu pembayaran menggunakan uang elektronik. Seseorang tidak perlu membawa uang tunai di dalam dompetnya. Yang bisa memberatkan sakunya. Cukup dengan memperlihatkan kartu kredit atau ATM maka segala sesuatu dapat dibayar.

Sistem pembayaran cashless sudah merasuki ke seluruh kehidupan manusia seperti pembayaran kartu kredit, membayar pinjaman bank, membayar KPR, membayar barang di minimarket atau supermarket, membayar ongkos kirim jasa ekspedisi, membayar premi iuran asuransi, membayar tagihan listrik atau air, membeli pulsa dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Daftar BPJS Kesehatan Terbaru

Berdasarkan data  dari pemerintah dan Bank Indonesia, penggunaan uang digital semakin naik drastis dari waktu ke waktu. Hal ini didukung oleh pemerintah. Pembayaran menggunakan uang elektronik juga memasuki wilayah asuransi. Pembayaran asuransi dapat dilakukan melalui bukalapak, tokopedia, transfer online, internet banking, dan lain-lain tanpa menggunakan uang tunai sama sekali.

Banyak orang yang memilih untuk menjadi peserta asuransi yang menerapkan cashless. Karena bagi mereka sangat memanjakan nasabah dan membuat nyaman, cepat, praktis dan aman. Dan saat ini hampir semua perusahaan asuransi menyediakan fasilitas cashless. Seperti Prudential, Allianz, Manulife, Sinarmas, AXA Mandiri dll.

Lalu yang menjadi pertanyaan apakah cara pembayaran asuransi dengan cashless lebih menguntungkan atau merugikan? Jelas sangat menguntungkan dalam jangka waktu panjang.  Bahkan berdasarkan pengamatan penulis di masa depan akan terbiasa manusia dalam melakukan transaksi keuangan menggunakan uang elektronik atau cashless yang lebih aman dan cepat serta praktis.

Keuntungan Asuransi Kesehatan Terbaik Tahun 2019

Asuransi Kesehatan Cashless

Bagi anda yang mengikuti asuransi kesehatan cashless maka itu langkah bagus. Karena anda sudah berada di depan ketimbang orang lain yang belum menggunakannya. Ada beberapa keuntungan bagi sobat yang memilih bergabung dalam asuransi kesehatan cashless, antara lain:

  • Tak Perlu Membawa Uang Tunai

Dengan memiliki asuransi kesehatan cashless maka anda tak dibutuhkan lagi membawa uang tunai dalam dompet. Sehingga menghindarkan diri dari peristiwa kecopetan maupun pencurian uang di dompet. Karena pembayaran asuransi dilakukan secara online menggunakan uang digital.

  • Kapan Pun & Dimana Pun

Dengan penggunaan asuransi kesehatan cashless maka anda dapat membayar iuran premi bulanan kapanpun dan dimanapun.

  • Meningkatkan Kenyamanan

Asuransi kesehatan cashless akan memberikan kenyamanan bagi para nasabahnya. Ia tak perlu membawa uang dalam jumlah besar yang dapat meningkatkan ketidaknyamanan. Apalagi saat ini angka tindak pencurian dan perampokan sangat tinggi. Sangat pantas jika pemerintah mendukung program pembayaran uang digital karena akan menghindarkan diri terjadinya beredar uang palsu dan meningkatkan keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi dalam bidang asuransi.

  • Menurunkan Tingkat Korupsi di Indonesia

Seiring dengan gencarnya pemberantasan korupsi maka penggunaan asuransi cashless akan lebih meningkatkan transparansi. Transaksi dilacak dan dicatat oleh lembaga pengawas keuangan nasional.

Kekurangan Asuransi Kesehatan Yang Perlu di Perbaiki

Setelah diuraikan kelebihan asuransi kesehatan menggunakan sistem cashless, selanjutnya akan dijelaskan kekurangan asuransi kesehatan cashless. Apakah ada kekurangan asuransi cashless? Ya tentu saja ada. Yaitu dari segi terbatasnya pengetahuan masyarakat awam terhadap sistem pembayaran non tunai.

Baca Juga : Tips Memilih Asuransi Kesehatan Yang Bagus Untuk Anak Anda

Bagi masyarakat kota maupun milenial pastinya sudah terbiasa melakukan transaksi pembayaran premi asuransi menggunakan uang digital. Tapi bagi orang yang lanjut usia dan pedesaan terpencil masih sangat asing memakainya. Mereka sukar mengakses jaringan internet dan tak melek teknologi. Bahkan tidak tahu bagaimana cara menggunakannya. Inilah yang membuat sistem pembayaran premi asuransi cashless bersifat terbatas bagi kalangan tertentu.

Kelemahan asuransi kesehatan cashless yang cara pembayaran menggunakan uang digital adalah rentan terjadinya kejahatan di internet atau cyber crime. Selain itu, adanya biaya transaksi yang menghambat perkembangan transaksi uang digital untuk lebih jauh di masa depan.

Asuransi kesehatan cashless akan bermanfaat bagi nasabah dan perusahaan penyedia asuransi itu. Seorang nasabah tidak perlu repot keluar rumah kehujanan, kepanasan dan menghadapi macet di jalan hanya untuk menyetorkan sejumlah uang premi bulanan.

Dengan adanya asuransi kesehatan sistem cashless juga bermanfaat bagi pemerintah dalam meningkatkan sektor pajak. Oleh sebab itu, sangat wajar pemerintah mendukung transaksi cashless termasuk dalam setoran premi asuransi. Namun sebagian perusahaan asuransi belum menjalankan sistem cashless atas beberapa pertimbangan.

Untuk memperbanyak asuransi kesehatan cashless maka pemerintah harus memperluas jaringan internet sampai ke wilayah pelosok pedesaan terpencil. Selain itu, potongan biaya transaksi non tunai diperkecil. Semua itu akan membuat nyaman seorang nasabah bertransaksi non tunai untuk pembayaran premi asuransi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X