Hal Yang Wajib Diketahui Saat Membeli Asuransi Jiwa Di Bank

Membeli Asuransi Jiwa Di Bank

Asuransi seolah-olah sudah menjadi sesuatu yang asing bagi kita. Karena, tidak terbiasa dengan mengelola keuangan.

DanĀ  faktanya, saat membeli asuransi bisa menjadi keputusan hebat atau bisa menjadi keputusan terburuk yang kita lakukan dalam hidup kita. Namun, jika kita bisa memahami produk asuransi yang akan dibeli. Maka, nantinya kita kan membuat keputusan terhebat selama sisa hidup kita. Namun sebaliknya, jika kita tidak bisa mengerti dan memahami produk asuransi, maka yang akan kita dapat bukannya keuntungan tetapi kerugian besar yag menimpa kita selama bertahun-tahun.

Bisa kita bilang, membeli sebuah asuransi serupa dengan seperti kita membeli rumah. Dua-duanya mempunyai pembayaran dalam jangka panjang. Coba kalian bayangkan, jika rumah yang telah angsur bayar atau asuransi yang telah anda bayar bahkan tidak berfungsi sebagaimana kerjanya?

HAL YANG WAJIB DIKETAHUI SAAT MEMBELI ASURANSI DI BANK

Untuk itu, dibawah ini ada beberapa hal wajib yang perlu anda mengerti terkait dengan pembelian membeli asuransi jiwa di bank, yang seperti ulasan dibawah ini:

#1. Asuransi Bukan Tabungan atau Produk Perbankan

Nah, hal yang sering sekali kita salahpahami ialah sebagian pengguna asuransi dibank bahwa beranggapan jika produk tersebut ialah produk dari perbankan. Namun ingat, bahwa asuransi bukan produk tabungan atau mungkin produk produk dari perbankan yang lain. Maka dari itu, anda harus mengetahuinya dari awal.

Pada umumnya, petugas pada bidang menjual asuransi dibank ialah petugas yang bekerja pada perusahaan asuransi dan bukanlah dari petugas bank.

Sejalur dengan kegunaannya, asuransi tentu saja memiliki jumlah risiko. Contohnya, saat mengalami masa kerugian dengan berupa terkoreknya dana asuransi yang telah ditanam. Itu dikarenakan, dana yang telah ditanam juga termasuk dana asuransi.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan tabungan atau deposito yang telah dimiliki jaminan dari Lembaga Penjamin Simpanan atau (LPS). Kemudian dalam sejumlah dana akan disetorkan namun didalamnya tetap akan atau bahkan bertambah. Itu dikarenakan efek dari persenan bunga yang menyertai dana yang dimaksud tersebut.

#2. Dana Tidak Akan Bisa Ditarik Kembali

Pada produk perbankan didalamnya berbentuk seperti tabungan. Pastinya anda memungkinkan untuk tindakan penarikan dana kapanpun yang ingin anda mau. Nah, hal seperti ini sama persis dengan asuransi. Itu dikarenakan, tidak ada system tindakan penarikan dana didalam produk asuransi tersebut.

Kesalahan Membeli Asuransi Jiwa Yang Harus Diketahui

Lalu, mengenai premi yang telah anda bayarkan pun tidak akan serta bisa ditarik kembali sesuka hati anda. Kalaupun itu bisa, maka jumlahnya pasti sangatlah kecil karenaa pada saat pembayaran premi lebih akan digunakan. Misalnya untuk, Membayar komisi agen dan perusahaan asuransinya, Membayar biaya atas perlindungan asuransi, atau bahkan untuk dana investasi agar hasil investasi tersebut bisa anda nikmati nantinya.

#3. Tidak Ada Premi Gratis di Asuransi

Sales/petugas asuransi pada umumnya akan menyatakan bahwa nasabahnya bisa segera mendapatkan keuntungan berupa sebuah premi gratis yang selang beberapa tahun akan menjadi pengguna produk mereka tersebut. Sudah sangat jelas, bahwa penjelasan ini tidak tepat. Kalau kita mengingat bahwa jumlah premi tetap akan dibayarkan sebagaimana mestinya. Hanya saja, dana tersebut yang akan dialokasikan guna untuk kepentingan ialah jumlah keuntungan investasi yang telah anda punya selama ini.

Maka dari itu, kalau investasi tersebut bisa untung, sudah pastinya akan mengalami kerugian. Lalu bagaimana jika investasi akan mengalami kerugian dan tidak akan menghasilkan apapun?

Dengan catatan, bahwa setelah mengalami kerugian. Nasabah pun tidak akan mendapatkan kembali premi yang telah dikeluarkan untuk pembayarannya. (tidak akan ada jaminan apapun untuk dikembalikan).

Nah itu dia hal-hal yang harus Anda ketahui jika ingin membeli asuransi jiwa di Bank. Teruslah berhati-hati agar kalian tidak rugi dan menyesal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *