Kesalahan Membeli Asuransi Jiwa Yang Harus Diketahui

Kesalahan Membeli Asuransi Jiwa

Membicarakan tentang asuransi, kalau saja asuransi jiwa ialah asuransi yang masih kalah terkenalnya dengan asuransi unit link atau asuransi kesehatan. Jika kita melihat ke data yang dipunyai oleh Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI). Maka, jumlah pengguna nasabah senusantara akan memiliki asuransi jiwa yang bisa kita bilang rendah.

Walau dengan kenyataan informasi diatas, perkembangan perusahaan asuransi selalu pesat setiap tahunnya.

Dengan adanya pengaruh ini, setidaknya menjadi tanda bahwa orang-orang sudah mulai sadar akan pentingnya asuransi jiwa. Disebabkan karena bertambah usia dan beratnya memikul pekerjaan, bertambah pula akan resiko terjadinya kematian. Apalagi mereka yang tinggal dikota-kota yang besar. Oleh karena itu, banyak yang berminat mendaftarkan dirinya ke asuransi jiwa ini.

Dalam hal kesalahan, pasti ada saja kesalahan yang dilakukan saat membeli asuransi. Ada banyak kejadian ketika orang-orang kurang memahami ketentuan berlaku pada asuransi. Dalam hal ini, tentu saja akan menimbulkan masalah yang berakibat fatal. Karena yang diharapkan oleh penanggung tidak sesuai yang diinginkan. Tentunya, penggunaan asuransi yang sudah kita pertahankan akan sia-sia nantinya.

KESALAHAN MEMBELI ASURANSI JIWA YANG HARUS DIKETAHUI

Berikut ini ada beberapa Kesalahan Membeli Asuransi Jiwa yang sering dilakukan banyak orang :

#1. TERPAKU PADA NILAI INVESTASI, BUKAN PADA NILAI PERTANGGUNGAN

Untuk kalian yang masih labil dalam memutuskan sesuatu. Kalian harus memutuskannya dengan baik dan bijaksana.

Akan lebih fokus pada Asuransi atau Investasi! Anda harus berfikir jernih dalam memutuskan.

Pengguna asuransi jiwa banyak sekali yang lebih berfokus pada kegunaan investasi yang ada pada produk asuransi yang mereka sudah konsumsi. Bukan malah berfokus kepada kegunaan perlindungan jiwa yang sudah terdapat pada asuransi tersebut. Sedangkan, pada asuransi, nilai asuransi bisa saja turun dan juga mempunyai resiko yang cukup besar.

Jika pembayaran premi asuransi sudah didasarkan pada hasil investasi itu. Maka, bisa saja nilai pertanggungannya yang sudah diterima tidak semaksimal yang diinginkan.

Baca Juga : Cara Memilih Asuransi Jiwa Dengan Premi Murah

Utamanya ketika nilai investasi sudah mengalami penurunan yang memprihatinkan. Hal seperti ini sudah banyak terjadi pada nasabah yang tentunya membeli asuransi jiwa unit link.

Maka dari itu, saya sarankan anda memilih asuransi jiwa murni atau diartikan dengan asuransi yang tanpa menyertakan manfaat investasi. Mengenai investasi bisa anda lakukan saat menyetorkan uang ke beberapa instrument. Yaitu dengan memanfaatkan deposito.

#2. BERFIKIR BAHWA UANG AKAN MENJADI PERTANGGUNGAN KEBUTUHAN HIDUP. NAMUN KENYATAANYA?

Dalam penggunaan asuransi jiwa pastinya akan mendapatkan manfaat. Yang artinya, bahwa penting sekali untuk kita mengetahui dengan benar sebenernya berapa banyak jumlah uang pertanggungan yang akan kita terima ahli waris kita jika suatu saat terjadi kematian dan semua bisa tertanggung.

Namun, apakah jumlah sebesar uang pertanggungan dapat mencukupi kebutuhan ahli waris dan keluarga? Atau bisa mencukupi dengan cukup?

Baca Juga : Asuransi Yang Wajib Dimiliki Untuk Wanita Karir

Yang harus kalian tau bahwa, berfikir uang pertanggungan asuransi dapat memnuhi kebutuhan adalah salah. Angka iflasi fluktuatif dan juga bertambahnya kebutuhan pokok hidup juga akan mempengaruhi nilai uang pertanggungan yang akan kita dapatkan. Maka dari itu, kita juga harus bisa memilah bagaiman mengatasi hal tersebut untuk kebaikan keluarga.

#3. SALAH DALAM MENGARTIKAN TERTANGGUNG PADA POLIS

Pelaku tertanggung didalam polis asuransi ialah seseorang yang memang menjadi tulang punggung untuk keluarga/orang yang memiliki tanggungan. Hal tersebut, artinya ialah jika dia meninggal, lalu seluruh keluarganya akan kehilangan pemberi nafkah tersebut. Maka, siapa saja yang telah bekerja untuk menghasilkan uang lebih besar didalam keluarga mesti menjadi tertanggung dalam asuransi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X