Soal Dan Jawaban Ujian AASI Terbaru Tahun 2021

1. Ta’awun yang artinya :
A. saling menolong
B. saling melengkapi
C. saling beramal
D. saling menghormati
Jawaban : A

2. Pengertian fikih muamalah dalam arti sempit adalah :
A. Aturan Allah yang mengatur hubungan manusia dengan manusia dalam usahanya untuk mendapatkan alat-alat keperluan jasmaninya dengan cara yang paling baik
B. Ketetapan yang tidak ada keraguan pada orang yang mengambil keputusan (keyakinan)
C. Seluruh apa yang dicintai dan diridhai Allah, baik berupa ucapan atau perbuatan, yang zhahir maupun yang bathin.
D. Saling memikul risiko di antara sesama muslim sehingga antara satu sama lain menjadi penanggung atas risiko yang lainnya.
Jawaban : A

3. Berikut ini adalah jenis-jenis transaksi muamalah kecuali :
A. jual beli
B. sewa menyewa
C. bercocok tanam
D. Berpuasa
Jawaban : D

4. Pengertian Gharar adalah sebagai berikut :
A. Ketidakpastian dalam suatu akad, baik mengenai kualitas atau kuantitas objek akad maupun mengenai penyerahannya. Tidak diperbolehkan mentransaksikan barang yang
belum jelas kualitasnya.
B. Tindakan menyembunyikan kecacatan objek akad yang dilakukan oleh penjual untuk mengelabui pembeli seolah-olah objek akad tidak cacat, yaitu mencampur barang yang berkualitas bagus dengan yang jelek.
C. Upaya untuk mempengaruhi orang lain, baik dengan ucapan maupun tindakan yang mengandung kebohongan, agar terdorong melakukan transaksi
D. Tambahan yang diberikan dalam pertukaran barang-barang ribawi dan tambahan yang diberikan atas pokok hutang dengan imbalan penangguhan pembayaran secara mutlak
Jawaban : A

5. Berikut ini adalah praktik-praktik kegiatan Riba, kecuali :
A. Tukar-menukar beras dengan beras disertai dengan tambahan
B. Mengenakan bunga pada peminjam yang tidak bisa membayar pinjamannya pada waktu yang telah ditentukan.
C. Menolong orang dengan meminjamkan uang, namun pada saat menagih meminta tambahan
D. Meminjamkan emas 3 gram dan ketika dikembalikan oleh peminjam tetap sejumlah 3 gram.
Jawaban : D

6. Berikut ini adalah jenis-jenis kegiatan yang diharamkan, kecuali :
A. Takaful, Ta’min, Ta’awun
B. Ikhtikar, Maysir, Risywah
C. Tadlis, Gharar, Riba
D. Taghrir, Bay Najasy, Maysir
Jawaban : A

7. Pak Abang seorang agen Asuransi menjanjikan sejumlah diskon apabila Ibu Dina membeli dan membayarkan kontribusi pertama dengan tujuan agar Ibu Dina memiliki polis Asuransi syariah PT ABC Insurance. Hal ini menunjukkan adanya praktik :
A. Bay najasy
B. Risywah
C. Ikhtikar
D. Maysir
Jawaban : B

8. Konsep dasar yang menjadi cikal bakal Asuransi Syariah sudah ada sejak jaman Rasulullah SAW disebut sebagai :
A. Al Anbiya
B. Al Wakilah
C. Al Qasamah
D. Al Aqilah
Jawaban : D

9. Beberapa orang yang direkomendasikan oleh Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia untuk mengawasi praktik pelaksanaan Asuransi syariah yang dikenal sebagai :
A. Dewan Penasihat Syariah
B. Dewan Pengurus Syariah
C. Dewan Penegak Syariah
D. Dewan Pengawas Syariah
Jawaban : D

10. Berikut ini adalah dasar-dasar Asuransi Syariah yang terdapat di dalam Al Qur’an, kecuali :
A. Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebaikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (Al Maidah ayat 2)
B. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang diperbuatnya untuk hari esok, dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan (Al Hasyr ayat 18)
C. Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan mereka). Oleh sebab itu hendaklah mereka bertakwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar (An Nisa ayat 9).
D. Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati (Al Baqarah ayat 277).
Jawaban : D

11. Berikut ini adalah perbedaan Asuransi Konvensional dan Syariah, kecuali Asuransi Konvensional Asuransi Syariah :
A. Risk Transferring Risk Sharing
B. Akad Tabarru’ Akad jual beli
C. Premium Kontribusi
D. Perusahaan Asuransi sebagai Pemilik Dana Peserta Perusahaan Asuransi sebagai Pengelola Dana Peserta
Jawaban : B

12. Berikut ini adalah prinsip-prinsip Asuransi Syariah, kecuali :
A. Adanya kontribusi Peserta ke dalam Dana Tabarru’
B. Adanya kesepakatan tolong menolong dan saling menanggung di antara para Peserta
C. Dipenuhi prinsip keadilan, dapat dipercaya, keseimbangan, kemaslahatan, dan keuniversalan
D. Mengandung hal-hal yang diharamkan seperti perjudian, bunga
Jawaban : D

13. Akad-akad yang digunakan dalam Asuransi Syariah adalah sebagai berikut :
A. Akad Tabarru’
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Semuanya benar
Jawaban : D

14. Akad yang digunakan oleh peserta dengan perusahaan Asuransi adalah :
A. Akad Mudharabah Musytarakah
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Semuanya benar
Jawaban : D

15. Akad yang digunakan oleh peserta dengan para peserta adalah :
A. Akad Tabarru’
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Akad Mudharabah Musyarakah
Jawaban : A

16. Pengertian akad tabarru’ adalah :
A. Akad hibah dalam bentuk pemberian dana satu Peserta kepada Dana Tabarru’ untuk tujuan tolong menolong di antara para Peserta, yang tidak bersifat dan bukan untuk tujuan komersil
B. Usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu.
C. Perjanjian tertulis yang memuat bentuk perjanjian beserta hak dan kewajiban para pihak
D. Peserta mentransfer risikonya kepada perusahaan Asuransi melalui pembayaran sejumlah uang (kontribusi) dan perusahaan akan membayarkan manfaat Asuransi/klaim apabila peserta mengalami peristiwa yang dipertanggungkan.
Jawaban : A

17. Pengertian akad adalah :
A. Akad hibah dalam bentuk pemberian dana satu Peserta kepada Dana Tabarru’ untuk tujuan tolong menolong di antara para Peserta, yang tidak bersifat dan bukan untuk tujuan komersil
B. Usaha saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk asset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian untuk menghadapi risiko tertentu.
C. Perjanjian tertulis yang memuat bentuk perjanjian beserta hak dan kewajiban para pihak
D. Tertanggung mentransfer risikonya kepada perusahaan Asuransi melalui pembayaran sejumlah uang (premi) dan perusahaan akan membayarkan manfaat Asuransi/klaim apabila tertanggung mengalami peristiwa yang dipertanggungkan.
Jawaban : C

18. Akad tijarah yang memberikan kuasa kepada Pengelola sebagai wakil Peserta untuk mengelola Dana Tabarru’ dan/atau Dana Investasi Peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan, disebut sebagai :
A. Akad Tabarru’
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Akad Mudharabah Musyarakah
Jawaban : B

19. Berikut ini adalah objek yang terdapat di dalam akad wakalah bil ujrah dalam Asuransi Syariah, kecuali :
A. Pengelolaan Dana Investasi
B. Pengelolaan Dana Tabarru’
C. Pengelolaan Portfolio Risiko
D. Underwriting
Jawaban : B

20. Pak Patin menerima surat dari PT ABC Insurance yang menerangkan bahwa perusahaan memberikan Qardh pada Dana Tabarru’, hal ini berarti bahwa Dana Tabarru’ mengalami :
A. Surplus Underwriting
B. Kenaikan Cadangan Teknis
C. Impas Underwriting
D. Defisit Underwriting
Jawaban : D

21. Akad tijarah yang memberikan kuasa kepada Pengelola sebagai mudharib untuk mengelola investasi Dana Tabarru’ dan/atau Dana Investasi Peserta, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan berupa bagi hasil (nisbah) yang besarnya telah disepakati sebelumnya, disebut sebagai :
A. Akad Tabarru’
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Akad Mudharabah Musyarakah
Jawaban : C

22. Akad tijarah yang memberikan kuasa kepada Pengelola sebagai mudharib untuk mengelola investasi Dana Tabarru’ dan/atau Dana Investasi Peserta, yang digabungkan dengan kekayaan Perusahaan, sesuai kuasa atau wewenang yang diberikan dengan imbalan berupa bagi hasil (nisbah) yang besarnya telah disepakati sebelumnya, disebut sebagai :
A. Akad Tabarru’
B. Akad Wakalah bil Ujrah
C. Akad Mudharabah
D. Akad Mudharabah Musyarakah
Jawaban : D

23. Pak Banyu menerima surat dari PT ABC Insurance yang menerangkan bahwa perusahaan akan membagikan 60% dari Dana Tabarru’ kepada Peserta secara proporsional sesuai dengan periode kepesertaan, hal ini berarti bahwa Dana Tabarru’ mengalami :
A. Surplus Underwriting
B. Kenaikan Cadangan Teknis
C. Impas Underwriting
D. Defisit Underwriting
Jawaban : A

24. Pinjaman dana dari Perusahaan kepada Dana Tabarru’ untuk menanggulangi ketidakcukupan kekayaan Dana Tabarru’ untuk membayar santunan/klaim kepada Peserta merupakan definisi dari :
A. Akad
B. Qadr
C. Qardh
D. ‘Adl
Jawaban : C

25. Selisih lebih total kontribusi Peserta ke dalam Dana Tabarru’ setelah dikurangi pembayaran santunan/klaim, kontribusi reasuransi dan cadangan teknis, dalam satu periode tertentu merupakan definisi dari :
A. Surplus Underwriting
B. Kenaikan Cadangan Teknis
C. Impas Underwriting
D. Defisit Underwriting
Jawaban : A

26. Perusahaan yang menyelenggarakan usaha Asuransi atau usaha reasuransi dengan prinsip
syariah wajib menerapkan prinsip dasar sebagai berikut
A. Adanya kesepakatan tolong menolong (ta’awun) dan saling menanggung (takaful) di antara
para Peserta
B. Adanya kontribusi Perusahaan ke dalam Dana Tabarru’
C. Perusahaan bertindak sebagai pengelola Dana Tabarru’
D. Tidak mengandung hal-hal yang diharamkan, seperti gharar, maysir, riba, zhulm, risywah,
maksiat, dan objek haram
Jawaban : B
27. Hal-hal berikut ini adalah yang dilarang syariah dalam transaksi jual beli, kecuali
A. Menjual barang yang diketahui berasal dari tindakan korupsi
B. Menerima penggantian barang-barang yang diketahui cacat saat dijual
C. Menambahkan pemberat pada timbangan secara tidak sah
D. Memberikan banyak sumpah pada kualitas barang yang dijual untuk menyakinkan pembeli
Jawaban : B
28. Yang harus dilakukan oleh agen pada saat melakukan prospek kepada calon nasabah adalah,
kecuali
A. Berperilaku simpatik, rendah hati, disertai niat untuk menolong merencanakan masa depan
calon nasabah
B. Membedakan layanan berdasarkan kontribusi yang dibayarkan oleh calon nasabah
C. Bersaing secara sehat antar sesama agen dalam mencapai target penjualan
D. Memberikan pelayanan yang professional dan tidak menunda-nunda membayarkan
kontribusi pertama nasabah
Jawaban : B
29. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi kode etik tenaga pemasar, kecuali
A. Menghindari praktik twisting dan churning
B. Memastikan nasabah menandatangani sendiri semua aplikasi dan ilustrasi
C. Mengalihkan kontribusi pertama nasabah ke dana tampungan sementara yang dibuat
sendiri
D. Memastikan informasi manfaat yang diberikan sesuai dengan panduan materi training
Jawaban : C
30. Berdasarkan prinsip syariah Peserta dan Pengelola harus memenuhi akad-akad yang telah
disepakati dalam polis asuransi. Hal ini sesuai dengan ayat Al Qur’an, yaitu:
A. Al Maidah ayat 2
B. An Nisa ayat 58
C. Al Baqarah ayat 275
D. Al Maidah ayat 1
Jawaban : D
31. Berikut ini adalah ayat-ayat Al Qur’an yang membahas tentang riba, kecuali
A. Al Baqarah ayat 275
B. Al Baqarah ayat 278
C. Al Baqarah ayat 279
D. Al Baqarah ayat 280
Jawaban : D
32. Pak Nisan menawarkan pada Ibu Haya sebuah produk Asuransi Syariah kontribusi pengembalian
sebesar 30% selama 3 bulan pertama. Praktik ini disebut sebagai
A. Diskon
B. Rebate
C. Inducement
D. Churning
Jawaban : B
Untuk menjawab pertanyaan no 33-35
Pak Gerhana berusia 40 tahun memiliki polis yang diterbitkan atas namanya sendiri yang
memberikan perlindungan dasar meninggal dunia sebesar Rp. 100.000.000,- dengan manfaat
tambahan rawat inap sebesar Rp. 400.000,- per hari dengan batas maksimal rawat inap adalah 300
hari per tahun. Pak Gerhana membayarkan kontribusi yang sebesar Rp. 500.000,- per bulan dengan
masa pembayaran 20 tahun dan masa perlindungan sampai dengan usia 99 tahun.
33. Dari jenis kepesertaan, polis yang dimiliki oleh Pak Gerhana adalah polis Asuransi
A. Individu
B. Group
C. Term
D. Whole Life
Jawaban : A
34. Yang disebut sebagai manfaat dasar adalah manfaat (meninggal/rawat inap) yang besarnya
adalah (Rp. 400.000,- / Rp. 100.000.000,-).
A. meninggal/Rp. 400.000,-
B. rawat inap/Rp. 400.000,-
C. meninggal/Rp. 100.000.000,-
D. rawat inap/Rp. 100.000.000,-
Jawaban : C
35. Kontribusi yang dibayarkan oleh Pak Gerhana adalah kontribusi (regular/single) dengan masa
Asuransi sampai dengan usia (99 tahun/60 tahun).
A. regular/99 tahun
B. single/99 tahun
C. regular/60 tahun
D. single/60 tahun
Jawaban : A
Untuk menjawab pertanyaan 36 – 37
Ibu Kuntum mengajukan klaim atas nama suaminya Pak Kamis yang baru saja meninggal dunia
sebulan yang lalu pada PT ABC FINANCIAL. Setelah proses adminsitrasi pengajuan klaim selesai
Perusahaan membayarkan manfaat sebesar Rp. 500.000.000,- bersama dengan nilai tunai yang
sesuai dengan harga pasar saat itu jumlahnya sudah mencapai Rp. 101.351.258,- dengan cara
ditransfer ke rekening Ibu Kuntum sebagai ahli waris sah yang tertera di dalam polis.
36. Berdasarkan metode pembayaran manfaatnya, Asuransi yang dimiliki oleh Pak Kamis tergolong
sebagai Asuransi yang melakukan pembayaran manfaatnya secara
A. Annuitas
B. Transfer
C. Lump Sum
D. Sah
Jawaban : C
37. Berdasarkan unsur investasi yang terkandung di dalam polis Pak Kamis, produk Asuransi yang
diklaim oleh Ibu Kuntum merupakan produk
A. Term Life
B. Unit Link
C. Traditional
D. Endowment
Jawaban : B
Untuk menjawab pertanyaan 38-39
PT ABC FINANCIAL adalah perusahaan Asuransi yang menyediakan beberapa produk life individu
yaitu whole life, unit link, endowment, dan term life.
38. Bila seorang calon nasabah yang sumber keuangannya terbatas dan hanya mampu
mengeluarkan dana yang sangat minim untuk Asuransi namun ingin memiliki perlindungan di
masa depan, maka produk yang ditawarkan oleh PT ABC FINANCIAL adalah
A. Whole Life
B. Unit Link
C. Endowment
D. Term Life
Jawaban : D
39. Bila seorang calon nasabah menginginkan adanya proteksi bila meninggal dunia dalam periode
tertentu sekaligus memberikan uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir
pertanggungan, maka produk yang tepat ditawarkan oleh PT ABC FINANCIAL adalah
A. Whole Life
B. Unit Link
C. Endowment
D. Term Life
Jawaban : C
40. Berikut ini adalah jenis kegiatan usaha yang bertentangan dengan Syariah Islam, kecuali:
A. Usaha perjudian dan permainan yang tergolong judi atau perdagangan yang dilarang
B. Usaha lembaga keuangan konvensional (ribawi), termasuk perbankan, dan Asuransi
konvensional
C. Usaha yang memproduksi, mendistribusi, serta memperdagangkan makanan dan minuman
yang haram
D. Usaha yang memproduksi, mendistribusi, dan/atau menyediakan barang-barang pokok
sehari-hari
Jawaban : D
41. Yang termasuk instrument investasi syariah adalah
A. Sukuk Syariah, Saham Syariah, Emas Murni
B. Reksadana Syariah, SBSN, SBS yang diterbitkan oleh BI
C. Deposito, Efek Beragun Aset, Emas Murni
D. Sukuk, Refinancing Syariah, SBS yang diterbitkan Negara lain
Jawaban : C
Untuk menjawab pertanyaan 43
a) Instrumen saham yang sudah melalui penawaran umum dan pembagian dividen didasarkan
pada tingkat laba usaha
b) Penempatan dalam deposito pada Bank Umum
c) Surat hutang jangka panjang yang sesuai dengan prinsip syariah
42. Syarat instrument keuangan yang ditentukan oleh prinsip Syariah adalah
A. a dan b
B. b dan c
C. a dan c
D. semua benar
Jawaban : C
Untuk menjawab pertanyaan 43-44
a) Melakukan penawaran palsu
b) Melakukan penjualan atas barang yang belum dimiliki
c) Menyebarluaskan informasi yang menyesatkan atau memakai informasi orang dalam untuk
memperoleh keuntungan transaksi yang dilarang
43. Yang merupakan definisi dari Najsy adalah
A. a
B. b
C. c
D. semua benar
Jawaban : A
44. Yang merupakan definisi insider trading adalah
A. a
B. b
C. c
D. semua benar
Jawaban : C
Untuk menjawab pertanyaan 45
Surat berharga jangka panjang berdasarkan prinsip syariah yang dikeluarkan oleh emiten kepada
pemegang obligasi syariah yang mewajibkan emiten untuk membayar pendapatan kepada
pemegang obligasi syariah berupa hasil/margin/fee serta membayar kembali dana obligasi saat jatuh
tempo.
45. Penjelasan di atas adalah karakteristik dari salah satu instrument keuangan syariah yang disebut
sebagai
A. Saham Syariah
B. Sukuk
C. Obligasi
D. Reksadana Syariah
Jawaban : B
Untuk menjawab pertanyaan no 46
a) Mengelola portofolio investasi sesuai dengan kebijakan investasi yang tercantum dalam
kontrak dan prospectus
b) Menyusun tata cara dan memastikan bahwa semua dana para calon pemegang Unit
Penyertaan disampaikan kepada Bank Kustodian selambat-lambatnya pada akhir hari kerja
berikutnya
c) Melakukan pengembalian dana Unit Penyertaan
46. Ketiga hal di atas merupakan tugas dan kewajiban dari
A. Manajer Investasi
B. Pialang Investasi
C. Pemodal
D. Bank Kustodian
Jawaban : A
47. Berikut ini adalah hal-hal yang harus dimuat dalam SPAJ dan Polis syariah, kecuali
A. Akad
B. Profil Perusahaan Pengelola
C. Ujrah
D. Pembentukan Dana Tabarru’
Jawaban : B
48. Ketentuan yang dimuat di dalam Polis Asuransi Syariah mengenai akad Tabarru’ dan akad
Wakalah bil Ujrah adalah
Akad Tabarru’ Akad Wakalah bil Ujrah
A Persetujuan Peserta dengan Pengelola
dalam Pengelolaan Dana Tabarru’
Persetujuan Peserta untuk melakukan akad
Wakalah bil Ujrah dengan sesama Peserta
B Persetujuan Peserta untuk melakukan
akad Tabarru’ dengan sesama Peserta
Persetujuan Peserta dengan Pengelola
dalam Pengelolaan Dana Tabarru’
C Persetujuan Peserta dengan Pengelola
dalam Pengelolaan Dana Investasi
Persetujuan Peserta untuk melakukan akad
Tabarru’ dengan sesama Pengelola
D Persetujuan Peserta untuk melakukan
akad Tabarru’ dengan tenaga pemasar
Persetujuan Peserta untuk melakukan akad
Wakalah bil Ujrah dengan Bank Kustodian
Jawaban : B
49. Berikut ini adalah ketentuan yang dimuat di dalam Polis Asuransi Syariah mengenai Surplus
Underwriting, kecuali
A. Persetujuan Peserta atas pembayaran santunan ke Peserta
B. Persetujuan Peserta atas kebijakan pembagian surplus underwriting, termasuk tata cara
pembagian dan siapa yang berhak menerimanya
C. Persetujuan Peserta atas persentase pembagian surplus underwriting yang disepakati
D. Persetujuan Peserta atas kebijakan perlakukan deficit underwriting
Jawaban : A
50. Berikut ini adalah kegunaan dari Dana Tabarru’, kecuali
A. Pembayaran santunan kepada Pengelola
B. Pembayaran reasuransi
C. Pembarayan kembali Qardh ke Perusahaan
D. Pengembalian Dana Tabarru’ akibat pembatalan polis dalam periode yang diperkenankan
Jawaban : A
51. Berikut ini adalah ketentuan mengenai Dana Investasi Peserta, kecuali
A. Kekayaan dan kewajiban Dana Investasi Peserta merupakan kekayaan dan kewajiban
masing-masing Peserta secara individu
B. Dana Investasi Peserta dibentuk untuk setiap jenis portolio investasi sesuai dengan Akad
pengelolaan investasi yang digunakan dalam polis
C. Dana Investasi Peserta berasal dari Pengelola yang mengandung unsur investasi
D. Perusahaan wajib menginformasikan pada Peserta mengenai pembentukan jenis portfolio
investasi yang baru
Jawaban : C
52. Qardh diberikan oleh Pengelola bila terjadi hal-hal seperti:
A. Jumlah investasi dalam kekayaan yang dapat diperhitungkan dalam perhitungan tingkat
kesehatan keuangan Dana Tabarru’, lebih kecil dari jumlah penyisihan/cadangan teknis dan
kewajiban pembayaran santunan/klaim retensi sendiri dari Dana Tabarru’
B. Terjadi selisih kurang atau deficit underwriting Dana Tabarru’
C. Dana Tabarru’ tidak cukup untuk membayar santunan/klaim kepada Peserta
D. Semua benar
Jawaban : D
53. DPS adalah ahli syariah yang diangkat oleh (RUPS/Komisaris) atas rekomendasi (DSN-MUI), yang
bertugas memberikan nasihat dan saran kepada direksi serta mengawasi kegiatan perusahaan
agar sesuai dengan prinsip syariah.
A. RUPS/OJK
B. Komisaris/OJK
C. RUPS/DSN-MUI
D. Komisaris/MUI
Jawaban : C
54. Berikut ini adalah fungsi-fungsi DPS, kecuali
A. Memberikan nasihat dan saran kepada pimpinan perusahaan mengenai hal-hal yang
berkaitan dengan aspek syariah
B. Sebagai pemutus perkara antara Asuransi syariah dengan DSN-MUI dan
mengkomunikasikan usul dan saran pengembangan produk dan jasa dari lembaga
keuangan syariah yang memerlukan kajian fatwa dari DSN-MUI
C. Hasil pengawasan wajib dilaporkan Perusahaan kepada Biro Perasuransian Bapepam LK
sekurang-kurangnya sekali dalam satu tahun dan DSN sekurang-kurangnya dua kali dalam
setahun
D. Merumuskan permasalahan-permasalahan yang memerlukan pembahasan dengan Dewan
Syariah Nasional.
Jawaban : B
Untuk menjawab pertanyaan no 55
a) Pernyataan bahwa pengelolaan kekayaan dan kewajiban telah dilakukan sesuai dengan
prinsip syariah
b) Pembuatan memorandum of understanding dengan pihak ketika yang bekerja sama dengan
Perusahaan
c) Penandatanganan rencana penyehatan keuangan untuk memenuhi ketentuan solvabilitas
55. Pokok-pokok pernyataan yang dikeluarkan oleh DPS meliputi antara lain:
A. a, b, c
B. a dan b
C. a dan c
D. semua benar
Jawaban : C
56. Berikut ini adalah tugas utama DPS
A. Mengawasi kegiatan usaha lembaga keuangan syariah agar sesuai dengan ketentuan dan
prinsip syariah yang telah difatwakan oleh DSN-MUI
B. Melaporkan pelanggaran operasional yang dilakukan oleh perusahaan Asuransi kepada DSN
C. Memberikan instruksi pemilihan instrument keuangan yang sesuai dengan prinsip-prinsip
syariah
D. Menyalurkan zakat/shodaqoh sesuai dengan yang terdapat di dalam ketentuan umum polis
Asuransi Syariah
Jawaban : A
57. Larangan didalam Asuransi Syariah ada 2 hal utama yaitu:
A. Zatnya
B. Caranya
C. Bendanya
D. A dan b benar
Jawaban : D
58. Ikhtikar adalah
A. Ikhtikar adalah upaya untuk menciptakan kelangkaan barang di pasar agar harga barang
menjadi naik
B. suatu bentuk perjudian atau permainan yang membuat salah satu pihak harus menanggung
beban pihak yang lain akibat permainan tersebut
C. A dan b benar
D. Semua salah
Jawaban : A
59. Akad Tijarah adalah
A. akad yang dilakukan dengan tujuan kebajikan dan tolong menolong, bukan semata untuk
tujuan komersial (non profit oriented)
B. akad yang dilakukan dengan tujuan komersial/ profit oriented
C. Akad titipan
D. Semua salah
Jawaban : B
60. Yang benar pernyataan berikut
A. Konsep Asuransi Syariah adalah berbagi risiko
B. Konsep Asuransi konvensiona adalah transfer risiko
C. Asuransi Syariah menggunakan dasar hukum Al Quran
D. Semua benar
Jawaban : D
70. Yang benar mengenai Surplus Underwriting
A. Diperlakukan seluruhnya sebagai cadangan dalam dana tabarru
B. Disimpan sebagian sebagai dana cadangan dan dibagikan sebagian lainnya kepada peserta
yang memenuhi syarat
C. Disimpan sebagian sebagai dana cadangan dan dibagikan sebagian lainnya kepada
perusahaan asuransi dan peserta sepanjang disepakati oleh para peserta
D. Semua benar
Jawaban : D
71. Fitur-fitur polis Asuransi Jiwa Syariah Dwiguna:
A. Kontribusi lebih tinggi dibandingkan jenis asuransi jiwa berjangka
B. Pemegang Polis dapat mengajukan/memperoleh pinjaman setelah polis ini memiliki nilai
tunai (cash value)
C. Tingkat pengembalian investasi dikenakan terhadap pinjaman Nilai Tunai yang
ditarik/dipinjam.
D. Semua benar
Jawaban : D
72. Yang benar mengenai Produk Asuransi syariah adalah
A. Manfaat Asuransi lengkap sama seperti Asuransi jiwa konvensional
B. Pengelolaan dana dilakukan secara syariah
C. Perusahaan bertindak sebagai pengelola atau operator bukan penanggung
D. Semua benar
Jawaban : D
73. Profil nasabah yang cocok untuk jenis Asuransi Jiwa Unit Link Regular Contribution (Kontribusi
Berkala) adalah:
A. Calon pemegang polis yang lebih memilih porsi proteksi daripada investasi
B. Calon pemegang polis yang ingin memiliki banyak asuransi tambahan
C. Calon pemegang polis menghendaki cara bayar secara berkala
D. Semua benar
Jawaban : D
74. Jenis produk Asuransi yang dikaitkan dengan investasi dibagi menjadi
A. Tradisional.
B. Unit Link
C. Asuransi dasar
D. A dan b benar
Jawaban : D
75. Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam menentukan jumlah kontribusi
A. Biaya administrasi yang diperlukan untuk menjalankan usaha
B. Ambang kesalahan yang mungkin timbul saat memprediksi kerugian
C. Faktor lainnya seperti finansial, kesehatan dan faktor-faktor sosial.
D. Semua benar
Jawaban : D
76. Pengertian underwriter
A. Agen adalah underwriter pertama menilai kelayakan calon pemegang polis dan peserta
untuk memperoleh polis baik dari observasi kesehatan maupun moral hazard (niat yang
membahayakan).
B. Agen juga bertindak sebagai Financial underwriter Orang yang memberi rekomendasi
program yang cocok untuk kebutuhan dan kemampuan keuangan nasabah.
C. Medical underwriter adalah orang yang memberi rekomendasi layak tidaknya seseorang
mengikuti program asuransi atas dasar kondisi kesehatan calon peserta
D. Semua benar
Jawaban : D
77. Orang yang melakukan kegiatan underwriting di perusahaan yang memutuskan apakah
menerbitkan polis atau tidak disebut
A. Underwriter
B. Penilai
C. Field underwiriter
D. Consultant underwriter
Jawaban : A
78. Anti Seleksi atau Adverse Selection
A. seseorang yang memiliki risiko lebih besar, memiliki kecenderungan untuk mengajukan
asuransi dibandingkan dengan orang yang berisiko standard.
B. Seseorang yang layak diterima Asuransi
C. Seseorang yang ditolak untuk Asuransi
D. Semua salah
Jawaban : A
79. Moral Hazard adalah:
A. hazard yang berkaitan dengan moral atau karakter/sifat dari calon peserta yang
diasuransikan
B. dapat dikaitkan dengan tingkah laku/attitude dari Calon Peserta.
C. a dan b benar
D. a dan b salah
Jawaban : C
80. Setelah Underwriter perusahaan asuransi selesai melakukan identifikasi dan analisa risiko dan
memutuskan hasil analisanya, maka hasil analisa tersebut harus:
A. Diumumkan melalui media social
B. Dibuang
C. didokumentasikan dan disimpan dalam satu berkas dengan surat pengajuan asuransinya
D. a, b dan c salah
Jawaban : C
81. permintaan dokumen tambahan atau hasil pemeriksaan kesehatan dan keputusannya harus
dituangkan dalam:
A. dibuang
B. Underwriting Worksheet baik berupa hard copy maupun online melalui aplikas sesuai
dengan kebijakan perusahaan asuransi
C. Diumumkan melalui media social
D. a, b dan c bena
Jawaban : B
82. Proses identifikasi dan seleksi risiko disebut dengan
A. Undertable
B. Underwriting
C. Underground
D. Semua Benar
Jawaban : B
83. Tahapan proses underwriting
A. Field underwriting
B. Financial underwriting
C. Medical Underwiritng
D. Semua Benar
Jawaban : D
84. Sebutkan karakteristik risiko :
A. Kemungkinan terjadi kerugian
B. Hasil tidak sesuai yang diharapkan
C. A dan B benar
D. A dan B salah
Jawaban : C
85. Sebutkan 2 (dua) elemen risiko :
A. Ketidakpastian
B. Tingkat kerugian
C. A dan B benar
D. A dan B salah
Jawaban : C
86. Salah satu upaya untuk mengantisipasi munculnya suatu risiko adalah dengan cara:
A. Menahan risiko/Retain of risk
B. Menghindari risiko/Avoid of risk
C. Dengan menjadi peserta asuransi
D. Mengurangi resiko/Reduce of risk
Jawaban : C
87. Fungsi Agen sebagai Field Underwriter adalah ;
A. Menawarkan discount
B. Melakukan presentasi
C. Mentraktir calon Nasabah
D. Melakukan seleksi awal tentang kondisi fisik , latar belakang , kemampuan Keuangan
calon Nasabah dll
Jawaban : D
88. Manakah pernyataan yang BENAR dari pernyataan di bawah ini;
A. Risiko dapat muncul kapan saja, dimana saja dan kepada pihak tertentu saja
B. Risiko dapat muncul di waktu tertentu saja, dimana saja dan kepda siapa saja
C. Risiko dapat muncul kapan saja, dimana saja dan kepada siapa saja
D. Risiko hanya terjadi pada waktu tertentu, tempat tertentu dan kepada pihak tertentu
Jawaban : C
89. Langkah-langkah yang dilakukan Agen dalam proses menawarkan produk asuransi jiwa syariah
adalah :
A. Prospecting
B. Approaching
C. Fact finding
D. Semua jawaban benar
Jawaban : D
90. Mengisi formulir Surat Pengajuan Asuransi Jiwa adalah aktivitas yang dilakukan pada saat :
A. Membuat Janji untuk mengantar polis
B. Calon Nasabah menyetujui menjadi Peserta Asuransi Syariah
C. Informasi tentang status aplikasi
D. Reselling dan meminta referensi
Jawaban : B
91. Yang di lakukan Agen jika informasi tentang status aplikasi sudah selesai , kecuali :
A. Membuat janji untuk mengantar polis.
B. Informasi tentang status aplikasi
C. Meminta Nasabah untuk ambil polisnya
D. Mengantarkan dan menjelaskan manfaat polis.
Jawaban : C
92. Aktivitas Agen ketika mengantar Polis kepada Nasabah setelah menjelaskan kembali isi polis
adalah :
A. Mengantarkan & Menjelaskan manfaat polis
B. Reselling dan meminta referensi
C. Informasi tentang status aplikasi
D. Membuat janji untuk mengantar polis
Jawaban : B
93. Kebutuhan fiinansial bisa berubah yang di pengaruhi factor inflasi ,kenaikan income dan Agen
perlu meninjau kembali polis yang sudah di beli oleh Nasabah dan menyesuaikan dengan
kebutuhan yang baru, adalah aktivitas :
A. Membangun citra diri dan perusahaan
B. Mendapatkan referensi
C. Menawarkan kembali kebutuhan nasabah
D. Mengarahkan nasabah ke pembelian selanjutnya
Jawaban : C
94. Sebagai wakil dari perusahaan asuransi , peran Agen syariah dibenarkan untuk melakukan
aktifitas :
A. Memberikan Risywah (Suap)
B. Menberikan Discount Kontribusi
C. Menjual secara paksa produk yang menguntungkan Agen
D. Semua jawaban salah
Jawaban : C
95. Melakukan tatap muka langsung dengan Nasabah dalam menyerahkan polis dan menjelaskan
ikhtisar polis, maka nilai tambah Agen semakin baik, peluang terbuka lebar untuk ;
A. Mengarahkan nasabah ke pembelian selanjutnya
B. Menjual kembali kebutuhan nasabah
C. Mengarahkan nasabah ke pembelian selanjutnya
D. Mendapatkan referensi
Jawaban : D
96. Berikut layanan yang berkaitan dengan polis yang dapat dibantu oleh Agen kepada Nasabahnya :
A. Menjelaskan cara mengisi Formulir Klaim
B. Ucapan Ulang tahun
C. Peninjauan polis secara periodic
D. A dan C Benar
Jawaban : D
97. Salah satu manfaat servicing adalah :
A. Memeriksa kebenaran polis
B. Buat janji temu
C. Meningkatkan Penjualan
D. Mencatat Informasi penting
Jawaban : C
98. Dengan pengetahuan produk yang di miliki oleh Agen , Agen bisa merekomendasikan Nasabah
untuk solusi kebutuhan Nasabah selanjutnya, merupakan salah satu fungsi penyerahan polis :
A. Menjual kembali kebutuhan nasabah
B. Mengarahkan nasabah ke penambahan polis berikutnya
C. Mendapatkan refrensi
D. Membangun citra diri dari perusahaan
Jawaban : B
99. Melakukan penjualan, membuat suatu ide atau gagasan, menyentuh emosi pendengar,
memperkenalkan diri adalah poin-poin yang termasuk dalam :
A. Pengertian presentasi
B. Tujuan presentasi
C. Prinsip presentasi
D. Tidak ada yang benar
Jawaban : B
100. Berikut prinsip-prinsip presentasi , kecuali ;
A. Prinsip Motivasi & Perhatian
B. Prinsip Kegunaan & Keinderaan
C. Prinsip Ulangan & Pengertian
D. Prinsip Kehati-hatian & Keadilan
Jawaban : D
101. Berikut Prinsip-prinsip presentasi (kecuali);
A. Prinsip Motivasi & Prinsip Perhatian
B. Prinsip Kegunaan & Prinsip Keindraan
C. Prinsip Ulangan & Prinsip Pengertian
D. Prinsip Kehati-hatian & Prinsip Keadilan
Jawaban : D
102. Dalam Prinsip Perhatian; pendengar akan memperhatikan pembicara apabila yang
dibicarakan itu bersifat;
A. Menarik
B. Membosankan
C. Acuh
D. Mengasihi
Jawaban : A
103. Hal yang bertujuan agar pendengar tidak mempunyai rasa penasaran, merupakan bagian
dari prinsip;
A. Prinsip Motivasi
B. Prinsip Kegunaan
C. Prinsip Ulangan
D. Prinsip Pengertian
Jawaban : B
104. Prinsip menghendaki seorang pembicara untuk menggunakan alat yang berhubungan
dengan panca indera dalam melakukan pembicaraan atau presentasi, disebut:
A. Prinsip Motivasi
B. Prinsip Kegunaan
C. Prinsip Keindraan
D. Prinsip Pengertian
Jawaban : C
105. Prinsip yang mengharuskan pembicara untuk mengulang kembali materi yang diutarakan,
agar pendengar lebih mudah mengingat apa yang disampaikan, disebut;
A. Prinsip Motivasi
B. Prinsip Ulangan
C. Prinsip Keindraan
D. Prinsip Pengertian
Jawaban : B
106. Berikut jenis-jenis presentasi adalah ;
A. Presentasi Dadakan & Presentasi Naskah
B. Presentasi Hafalan & Presentasi Ekstemporan
C. Jawaban a dan b Benar
D. Jawaban a dan b Salah
Jawaban : C
107. Berikut syarat-syarat presentasi, kecuali;
A. Menguasai materi dan bahasa dengan baik, Mempunyai keberanian, dan Memiliki
ketenangan sikap
B. Sanggup menampilkan gagasan secara lancar dan teratur, dan Memperlihatkan sikap yang
tidak kaku dan tidak canggung
C. Sanggup mengadakan reaksi yang cepat dan tepat terhadap situasi apapun yang mungkin
timbul saat presentasi
D. Memberikan materi yang padat dengan waktu yang cukup lama.
Jawaban : D
108. Berikut jenis-jenis presentasi adalah;
A. Presentasi Dadakan & Presentasi Naskah
B. Presentasi Hafalan & Presentasi Ekstemporan
C. a dan b Benar
D. a dan b Salah
Jawaban : C
109. Tujuan melakukan latihan presentasi adalah ;
A. Agar dapat melakukan presentasi dengan baik
B. Mengetahui jumlah audiens yang hadir
C. Mendapat informasi tujuan presentasi
D. Membuat materi presentasi
Jawaban : A
110. Dalam pelayanan purna jual, pelayanan yang dapat Anda lakukan kepada peserta:
A. Melayani kebutuhan Peserta untuk yang terkait dengan asuransinya
B. Mudah dihubungi oleh Peserta
C. Mengalihkan pertanyaan Nasabah untuk direspon oleh orang lain
D. A dan B Benar
Jawaban : D
111. Sebutkan fungsi penting penyerahan polis secara langsung kepada Nasabah :
A. Meningkatkan kepuasan Nasabah
B. Menunaikan janji atas discount Kontribusi
C. Memperkuat kepercayaan peserta
D. A, dan C benar
Jawaban : D
112. Sebutkan mana dari tujuan pelayanan di bawah ini yang benar :
A. Memperkuat kepuasan Nasabah
B. Membangun kepercayaan
C. Jawaban a dan b Salah
D. Jawaban a dan b Benar
Jawaban : D
113. Yang dilakukan tenaga pemasar dalam Pengkinian data nasabah adalah;
A. Membina hubungan baik dan menjelaskan pentimgmya pengkinian data
B. Memberikan pelayanan yang berkesinambungan
C. Memberikan update informasi terkait produk dan peluang ke nasabah
D. Semua benar

Jawaban : D
114. Manfaat pengkinian data Nasabah
A Memudahkan proses pelayanan dan citra professional Tenaga Pemasar & Perusahaan
B Penyampaian informasi ke nasabah lebih cepat dan tepat
C Meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah
D Semua benar

Jawaban : D
115. Evaluasi yang harus dilakukan terhadap pengkinian data nasabah adalah:
A. Tingkat kemampuan keuangan nasabah
B. Kentuhan nasabah terkait asuransi
C. Perubahan lingkungan social nasabah
D. Semua benar

Jawaban : D
116. Salah satu contoh layanan asuransi adalah sebagai berikut
A. Perubahan terkait polis asuransi yang sudah berlaku
B. Penawaran produk melalui digital
C. Agen mengikuti training untuk memahami produk yang akan dipasarkan
D. Perusahaan asuransi memindahkan kantornya ke pusat kota
Jawaban : A
117. Data dan informasi nasabah yang diidentifikasi adalah:
A. Usia, Tinggi dan berat badan
B. Riwayat kesehatan dan Riwayat keluarga
C. Pekerjaan dan Keuangan
D. a, b dan c benar

Jawaban : D
118. Pada analisa dan evaluasi usia calon peserta:
A. Semakin tua usia seorang calon peserta, semakin tinggi risikonya
B. Semakin tua usia seorang calon peserta, semakin rendah risikonya
C. Semakin muda usia seorang calon peserta, semakin tinggi risikonya
D. Usia calon peserta tidak mempengaruhi risiko

Jawaban : A
119. Berikut ini Hal – hal yang mempengaruhi risiko yang harus ditanggung:
A. Hobby, seperti kegiatan olah raga yang berbahaya
B. Kebiasaan, seperti merokok, konsumsi akohol dan obat-obatan
C. a dan b benar
D. a dan b salah
Jawaban : C
120. Selain mempertimbangkan faktor-faktor risiko dari Profil risiko calon peserta perusahaan
asuransi juga harus memperhatikan faktor-faktor penting lainnya seperti:
A. Reputasi Calon Peserta
B. Catatan Kriminal Calon Peserta
C. Moral Hazard dan Antiseleksi
D. a, b dan c benar
Jawaban : D
121. Moral Hazard adalah:
A. hazard yang berkaitan dengan moral atau karakter/sifat dari calon peserta yang
diasuransikan
B. dapat dikaitkan dengan tingkah laku/attitude dari Calon Peserta.
C. a dan b benar
D. a dan b salah
Jawaban : C
122. Antiseleksi adalah
A. kecenderungan seseorang yang telah mengetahui bahwa mereka memiliki kemungkinan
lebih besar akan mengalami kerugian
B. peserta yang tidak mau di seleksi
C. perusahaan tidak melakukan seleksi
D. a, b dan c benar
Jawaban : A
123. Underwriter perusahaan asuransi akan memutuskan hasil analisa risiko dan
mengelompokkan calon peserta ke dalam kelas risiko sebagai berikut:
A. Kelas super berat, berat, berat ringan, ringan dan sangat ringan
B. Kelas risiko sangat baik (Preferred risk), Kelas risiko standar, Kelas risiko substandard Tidak
dapat diasuransikan (Declined)
C. Kelas I, II, III, IV
D. a, b, dan c salah

Jawaban : B
124. Setelah Underwriter perusahaan asuransi selesai melakukan identifikasi dan analisa risiko
dan memutuskan hasil analisanya, maka hasil analisa tersebut harus:
A. Diumumkan melalui media social
B. Dibuang
C. didokumentasikan dan disimpan dalam satu berkas degan surat pengajuan asuransinya
D. a, b dan c salah
Jawaban : C
125. Permintaan dokumen tambahan atau hasil pemeriksaan kesehatan dan keputusannya harus
dituangkan dalam:
A. Dibuang
B. Underwriting Worksheet baik berupa paper maupun online melalui aplikas sesuai dengan
kebijakan perusahaan asuransi
C. Diumumkan melalui media social
D. a, b dan c benar
Jawaban : B
126. Proses identifikasi dan seleksi risiko disebut dengan
A. Undertable
B. Underwriting
C. Underground
D. Semua Benar
Jawaban : B
127. Tahapan proses underwriting
A. Field underwriting
B. Financial underwriting
C. Medical Underwiritng
D. Semua Benar
Jawaban : D
128. Tenaga pemasar asuransi melakukan proses pemasaran kepada calon nasabah dengan
menanyakan diantaranya tentang data diri dan kesehatan merupakan tahapan
A. Field underwriting
B. Financial underwriting
C. Operational Underwiritng
D. Semua Benar
Jawaban : A
129. Suatu akad jual beli yang tidak jelas terhadap suatu yang dijual-belikan yang mengakibatkan
beberapa penipuan, kekecewaan, dll, adalah definisi dari:
A. Gharar
B. Maisir
C. Riba
D. Tidak ada yang benar
Jawaban : A
130. Yang tidak termasuk dalam prinsip 5W1H adalah:
A. What
B. Who
C. When
D. Whose
Jawaban : D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *