Cara Menghitung Pajak Penghasilan Agen Asuransi

Pajak Penghasilan Agen Asuransi

Di Tahun 2019 ini peningkatan jumlah Agen Asuransi di Indonesia cukup lumayan bertambah, semua itu dari seluruh perusahaan asuransi yang ada di Indonesia yang telah ekspansi penjualan asuransi dari berbagai distribusi baik dari distribusi agency, distribusi telemarketing dan distribusi bancassurance. Tentu bisa kita bayangkan berapa besar pendapatan seorang agen asuransi aktif dan seberapa besar juga Pajak Penghasilan Agen Asuransi yang mendorong pendapatan Negara dari sisi Pajak. Semua nya mempunyai peranan dalam kontribusi jumlah agen asuransi ditambah lagi profesi sebagai agen asuransi banyak fungsional nya dari agen asuransi jiwa, agen asuransi umum sampai dengan agen asuransi pengangkutan atau asuransi marine cargo.

Disamping itu selain penetrasi peningkatan jumlah agen yang telah di liris oleh AAJI jumlah Agen Asuransi pada Tahun 2018 berjumlah  800 Ribu Tenaga Pemasar hingga pada akhir Tahun 2018 waktu itu belum lagi ditambah jumlah data dari Asuransi Umum yaitu AAUI.

Berdasarkan pasal 14 ayat 2 Undang-undang Nomor 36 Tahun 2008, wajib pajak orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha/pekerjaan bebas boleh menghitung penghasilan neto dengan menggunakan Norma Perhitungan Penghasilan Neto dengan syarat omzet 1 tahun kurang dari Rp4,8 Miliar.

Dengan menggunakan Norma Penghasilan, berarti dimaksudkan bahwa adanya persentase yang digunakan sebagaimana diatur dalam KEP-536/PJ/2009 termasuk ke dalam klarifikasi “Pekerjaan bebas” dengan persentase sebesar 50% untuk provinsi dan 47,5% untuk kota provinsi lainnya.

Cara Menghitung Pajak Penghasilan Seorang Agen Asuransi

Bapak Sandro seorang Agen Asuransi di PT Maju Terus Pantang Mundur memiliki seorang istri dan dua orang anak dan melaporkan No NPWP kepada perusahaan nya untuk di potong pajak penghasilan nya, berikut gambar di bawah ini adalah jumlah penghasilan Komisi Bapak Sandro selama sepanjang Tahun 2018 :

Pajak Penghasilan Agen Asuransi
Cara Menghitung Pajak PPh 21 Agen Asuransi Sumber : https://www.AgenAsuransi.Co.Id

Download File nya di sini Klik : Download Cara Menghitung Pajak PPh 21 Agen Asuransi

Yuk mari kita ikut serta dalam membayar Pajak Penghasilan Agen Asuransi, dengan kita membayar pajak penghasilan kita secara tidak langsung ikut berpartisipasi dalam program pajak agar Indonesia menjadi lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

X